Asesmen Nasional sebagai Pengganti Ujian Nasional Bukan untuk Menghukum Sekolah

- Senin, 23 Agustus 2021 | 21:50 WIB
Asesmen Nasional sebagai Pengganti Ujian Nasional Bukan untuk Menghukum Sekolah/ foto tangkapan layar akun chalen youtube indonesia baik/foto/youtube.com/ IndonesiaBaikID
Asesmen Nasional sebagai Pengganti Ujian Nasional Bukan untuk Menghukum Sekolah/ foto tangkapan layar akun chalen youtube indonesia baik/foto/youtube.com/ IndonesiaBaikID

SUARAMERDEKA-PANTURA.COM - Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) bukan untuk menghukum sekolah, melainkan membantu sekolah memperbaiki performa layanan pendidikannya menjadi lebih baik.

Demikian penjelasan Mendikbudistekdikti Nadiem Makarim mengenai Asesmen Nasional. Dimana Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional berdasarkan jadwal target akan dilakansakan mulai September hingga Oktober 2021.

Menteri Nadiem Makarim menyebutkan, Asesmen Nasional adalah bukan evaluasi individu siswa dan tidak ada konsekuensi untuk siswa.

Asesmen Nasional juga bukan untuk menambah beban siswa dan bukan sebagai salah satu syarat dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Baca Juga: Pasien Meninggal Covid-19, di Kota Pekalongan Belum Tervaksin

Sebagaimana suaramerdeka-pantura.com dikutip dari laman resmi Kemendikbud pada Senin 23 Agustus 2021, Asesmen Nasional dirancang untuk memperbaiki sistem pendidikan dasar dan menengah.

Di sisi lain, evaluasi kompetensi peserta didik menjadi tanggung jawab guru dan sekolah.

Seperti suaramerdeka-pantura.com  dikutip dari laman indonesia baik pada Senin 23 Agustus 2021, di situs tersebut dijelaskan mengenai apa itu Asesmen Nasional.

Asesmen Nasional merupakan pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah.

Perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Sumber: kemendikbud, Indonesiabaik.id

Tags

Terkini

Pameran Buku Perpustakaan UIN Gus Dur Disambut Antusias

Jumat, 23 September 2022 | 17:39 WIB

Tiga Wakil Rektor Unikal Diambil Sumpah

Senin, 5 September 2022 | 15:28 WIB
X