Prodi Magister PGMI UIN Gus Dur Pekalongan Raih Peringkat Akreditasi Baik Sekali

- Kamis, 8 Desember 2022 | 16:07 WIB
SUSUN TIM BORANG : Prodi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Pascasarjana UIN Gus Dur Pekalongan menyusun tim borang akreditasi sembilan kriteria. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)
SUSUN TIM BORANG : Prodi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Pascasarjana UIN Gus Dur Pekalongan menyusun tim borang akreditasi sembilan kriteria. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada Program Magister UIN K.H. Abdurrahman wahid Pekalongan berhasil raih peringkat akreditasi baik sekali berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 9674/SK/BAN-PT/Ak/M/XI/2022. Ini merupakan pengajuan akreditasi yang pertama oleh Magister PGMI (MPGMI), yang mana sebelumnya sebelumnya menggunakan akreditasi minimum dan sementara.

Ketua Program Studi Magister PGMI, Umi Mahmudah M.Sc., Ph.D, menyampaikan rasa syukur atas pencapaian target ini. “Alhamdulillah, sudah memenuhi target yang diberikan. Kami juga sangat puas selain terhadap hasil juga terhadap prosesnya. Proses asesmen lapangan (AL) yang dilakukan secara daring juga berjalan dengan sangat baik dan lancar. Apresiasi yang sangat besar untuk tim akreditasi dan semua pihak yang support kami,” tutur Umi.

Baca Juga: LPM UIN Gus Dur Gelar Pelatihan Penyamaan Persepsi dan Seleksi Asesor BKD

Dikatakan, target capaian akreditasi kali ini, kata dia, memang sudah dipenuhi dan langsung menentukan langkah-langakah strategis untuk perbaikan ke depannya. Dirinya mengungkap target ke depan adalah bisa memperoleh akreditasi dengan peringkat unggul atau bahkan langsung akreditasi internasional, karena MPGMI dianggap memiliki kemampuan dan kapasitas untuk mencapainya. Hal ini juga sudah dikomunikasikan dengan pimpinan pascasarjana dan pihak LPM.

Pihaknya menambahkan, proses persiapan akreditasi ini berkangsung sangat panjang. “Tim akreditasi mulai bekerja sejak awal tahun 2021 karena kami ditargetkan submit borang pada pertengahan tahun 2021. Dalam prosesnya, karena jadwal asesmen lapangan tidak kunjung keluar, tim kami juga diminta untuk mengunggah revisi borang dengan melakukan tambahan data selama 1 tahun. Bulan agustus 2022 akhirnya kami dapat upload borang baru hasil revisi. Dan setelah itu di akhir tahun kami di AL oleh BAN PT,” jelasnya.

Baca Juga: UIN Gus Dur Raih Penghargaan PT Responsif Gender Terbaik , Kategori Pengabdian dan Advokasi Tahun 2022

Umi berpesan untuk tim di MPGMI bisa menikmati hasil kerja keras yang sudah dicapai. Ke depannya, semua sivitas akademika di MPGMI diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan tridharma baik di level nasional maupun internasional. “Dan yang paling penting adalah semua kegiatan dibuat dokumen yang terarsip dengan sistematis sehingga mudah diakses untuk keperluan penjaminan mutu prodi, baik kegiatan akreditasi, AMI, ISO, dan sebagainya,” pungkas Umi.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Kemampuan Menulis Humas Pramuka sudah Mumpuni

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:21 WIB

Penyelenggara PAUD Diminta Transparan dan Akuntabel

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:16 WIB

SMK Islam Pemalang Galang Bantuan Gempa Cianjur

Senin, 12 Desember 2022 | 15:19 WIB
X