Inovasi Pembelajaran Matematika Dipaparkan pada Sandika 4 Unikal

- Rabu, 7 Desember 2022 | 18:56 WIB
Rektor Unikal Andi Kushermanto membuka “Seminar Nasional Pendidikan Matematika Unikal (Sandika 4) di Auditorium Adaro Gedung F Universitas Pekalongan, Rabu (7/12). www.suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati
Rektor Unikal Andi Kushermanto membuka “Seminar Nasional Pendidikan Matematika Unikal (Sandika 4) di Auditorium Adaro Gedung F Universitas Pekalongan, Rabu (7/12). www.suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati

PEKALONGAN – Program studi (prodi) Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pekalongan (Unikal) kembali menyelenggarakan “Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan (Sandika 4) di Auditorium Adaro Gedung F Universitas Pekalongan (Unikal), Rabu (7/12). Sandika 4 bertema “Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Society 5.0”.

Acara ini menjadi ruang berdiskusi dan berbagi berbagai inovasi pembelajaran matematika dan penelitian pendidikan matematika dari mahasiswa sarjana dan pascasarjana dari berbagai perguruan tinggi.

Kepala Pusat Studi Data Sains (PSDS) Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Assoc Prof Sugiyarto, Ph.D menjadi keynote speaker pada Sandika 4. Secara daring, ia menyampaikan paparannya tentang Big Data.

Sandika 4 juga menghadirkan dua narasumber. Dosen Pendidikan Matematika Unikal, Nur Baiti Nasution, S.Pd, M.Sc memaparkan “Virtual laboratory dan artificial intelligence dalam pembelajaran matematika”. Selain itu, Dr.rer.nat Adi Nur Cahyono, S.Pd, M.Pd, Dosen Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang (Unnes). Secara daring, ia memaparkan tentang “Augmented reality math trail untuk pembelajaran matematika”.

Ketua Panitia Sandika 4, Nurina Hidayah menjelaskan, Sandika 4 diselenggarakan untuk menampung berbagai macam penelitian yang dilakukan mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Sandika 4 ditujukan untuk memperluas pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan. “Ada 89 artikel dan 100 pemakalah dalam Sandika 4. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi, ada yang dari Jawa Tengah dan Aceh,” terangnya.

Dekan FKIP Unikal Fahrudin Eko Hardiyanto berharap, Sandika 4 mampu meluaskan informasi dan jaringan keilmuan matematika yang aplikatif. Pihaknya akan mendorong Sandika naik level menjadi seminar bertaraf internasional dengan menghadirkan narasumber dan isu-isu internasional. “Dengan pengalaman Sandika selama empat tahun, bisa untuk mewujudkan hal itu,” kata dia.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor Unikal Andi Kushermanto mengatakan, selama ini kebanyakan siswa menganggap matematika membosankan dan menyulitkan. Sehingga siswa cenderung tidak menyukai pelajaran matematika.

Ia berharap, melalui Sandika 4 akan menghasilkan berbagai inovasi pembelajaran matematika dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga menjadikan matematika menjadi pelajaran yang membahagiakan.

“Kami berharap, melalui acara ini ada transfer knowledge inovasi apa saja yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran matematika yang bisa diimplementasikan dalam pendidikan di sekolah-sekolah.  Bagaimana pembelajaran matematika yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga matematika bisa menyenangkan,” paparnya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Kemampuan Menulis Humas Pramuka sudah Mumpuni

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:21 WIB

Penyelenggara PAUD Diminta Transparan dan Akuntabel

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:16 WIB

SMK Islam Pemalang Galang Bantuan Gempa Cianjur

Senin, 12 Desember 2022 | 15:19 WIB
X