KKN Tematik Lingkar Kampus Undip Ajak Masyarakat dan Pelaku Usaha Berkolaborasi Menjaga Lingkungan

- Rabu, 30 November 2022 | 19:21 WIB

SEMARANG, suaramerdeka-pantura.com  – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Lingkar Kampus Universitas Diponegoro (Undip) bertema “Sungaiku Bersih Kampusku Asri” menggelar berbagai kegiatan, mulai dari capacity building kelembagaan, pemetaan wilayah sungai dan ekspo KKN Tematik. Melalui KKN Tematik ini, Undip mengajak masyarakat dan pelaku usaha berkolaborasi untuk menjaga lingkungan.

Ekspo KKN Tematik digelar di Kampung Seni  Jurang Blimbing, Tembalang, Semarang, Sabtu (26/11). Kegiatan ini berkolaborasi dengan Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Sipil Undip.  Ekspo KKN Tematik Lingkar Kampus Undip menampilkan sepuluh stan.

Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Bidang Pengabdian kepada  Masyarakat Undip, Prof Dr Rahayu , SH M.Hum mengatakan, LPPM akan terus mendorong beberapa luaran yang berhasil untuk ditindaklanjuti dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat lainnya.

“Program yang luarannya berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat dapat dilanjutkan dengan program pengabdian kepada masyarakat berikutnya, baik melalui kegiatan KKN Tematik berikutnya maupun program pengabdian masyarakat dengan skema IDBU (Iptek bagi Desa Binaan Universitas Diponegoro),” paparnya saat membuka ekspo KKN Tematik.

Sebelumnya, digelar Capasity Building Kelembagaan untuk mendukung Waduk Diponegoro Lestari  di Aula Kantor Kecamatan Banyumanik. Acara dibuka Sekretaris Kecamatan Banyumanik Tjatur Edi dan dihadiri Danramil Banyumanik Mayor Susanto dan perwakilan dari Kodam IV /Diponegoro.

Acara diikuti para lurah dan ketua LPMK di Kecamatan Banyumanik dan Tembalang, kalangan dunia usaha, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, serta perguruan tinggi di Kecamatan Banyumanik dan Tembalang.

Pada acara ini, Dosen Fakultas Teknik Sipil Undip Priyo Nugoho Parmantoro menyampaikan materi tentang peran masyarakat dalam penguatan kelembagaan pengelolaan dan monitoring sungai. Acara tersebut juga berhasil membentuk kelembagaan untuk mendukung waduk Diponegoro Lestari.

Kelembagaan ini nantinya akan menguatkan peran masyarakat dalam merawat bumi, terutama sungai sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) dari Pudak Payung/ Watugong hingga Sungai Krengseng dan Waduk Diponegoro Lestari.

“Program ini ingin mengajak masyarakat untuk menguatkan SDGs (Sustainable Development Goals) berdasarkan PP Nomor 59 Tahun 2017. Program ini dibentuk untuk menguatkan kolaborasi dan membentuk wadah kelembagaan yang nantinya saling berkolaborasi untuk mendukung pengelolaan sungai dan waduk Diponegoro Lestari,” kata Guru Besar Fakultas Teknik Sipil Undip, Prof Sriyana.

Pada acara itu, Guru Besar Teknik Sipil Undip Prof Sriyana memperdengarkan lagu “Rabuk Semarang” yang digubahnya untuk memberi semangat masyarakat agar peduli terhadap lingkungan. Ia pun mengajak masyarakat untuk menyanyikan lagu Rabuk Semarang dan memikirkan kondisi lingkungan sungai yang tercemar dan menimbulkan dampak terhadap masyarakat.

“Rabuk Semarang” merupakan akronim dari “Rawat Bumi Kolaborasi”. Melalui lagu ini, Prof Sriyana berharap  pemerintah, dunia usaha dan masyarakat berkolaborasi mendukung bumi hayati yang lestari.

“Segenap komponen masyarakat sudah seharusnya berkolaborasi untuk melestarikan lingkungan terutama sungai, termasuk sungai Krengseng di lingkungan kampus Undip. Selain itu berbagi upaya mendukung waduk Diponegoro Lestari,” paparnya.

Ketua Kelompok KKNT 3 Muhammad Faesal menambahkan, rangkaian  kegiatan  KKNT ini juga mengusung program-program lain yang mendukung kegiatan KKN di sekitar wilayah kampus. Di antaranya pembangunan pojok baca, pemetaan wilayah sungai, pembuatan jalur evakuasi serta titik kumpul yang dilaksanakan di wilayah RT 02/ RW 03 Kelurahan Tembalang. Selain itu, pembuatan  alat pembasmi nyamuk bagi warga di pinggiran sungai.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Kemampuan Menulis Humas Pramuka sudah Mumpuni

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:21 WIB

Penyelenggara PAUD Diminta Transparan dan Akuntabel

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:16 WIB

SMK Islam Pemalang Galang Bantuan Gempa Cianjur

Senin, 12 Desember 2022 | 15:19 WIB
X