Tiga Mahasiswa UIN Gus Dur Raih Juara 3 Lomba Debat Konstitusi Tingkat Nasional

- Sabtu, 26 November 2022 | 17:41 WIB
TUNJUKAN PIALA : Tiga mahasiswa UIN Gus Dur, menunjukan piala kejuaraan dalam Kompetisi Debat Nasional yang digelar Dema Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)
TUNJUKAN PIALA : Tiga mahasiswa UIN Gus Dur, menunjukan piala kejuaraan dalam Kompetisi Debat Nasional yang digelar Dema Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid atau UIN Gus Dur Pekalongan meraih prestasi yang membanggakan. Tim Fakultas Syariah UIN Dur berhasil raih juara 3 pada Kompetisi Debat Nasional yang digelar Dema Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lomba Debat Konstitusi Nasional tersebut dalam rangka Festival Hukum Kalijaga, 22 November 2022.

Setiap tim yang berkompetisi dalam ajang ini terdiri dari 3 anggota, UIN Gus Dur diwakili oleh Sofi Ekiana Putri (Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara) semester 5, Muhammad Rizky Nuky Wildan (Mahasiswa Jurusan Hukum Tata Negara) semester 3, dan Anggita (Mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam) semester 5.

Baca Juga: Halal Center UIN Gus Dur Gelar Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal

Rizky menjelaskan babak penyisihan lomba ini dilaksanakan 16 November, kemudian 18 November diumumkan peserta yang lolos ke semifinal. Dua belas tim termasuk wakil UIN Gus Dur Pekalongan dinyatakan lolos ke semifinal, kemudian Tim UIN Gus Dur berhasil lolos ke babak final dan meraih juara 3.

Atas prestasi ini, Rizky berharap ke depan UKM Debat Hukum Fakultas Syariah dapat mengikuti kompetisi bergengsi nasional lainnya. “Sungguh terharu, atas perjuangan dan hasil yang telah diraih, namun kami menyadari bahwa ini adalah kerja tim dan juga banyak pendamping lomba yang membantu kami,” jelasnya.

Baca Juga: UIN Gus Dur Raih Penghargaan PT Responsif Gender Terbaik , Kategori Pengabdian dan Advokasi Tahun 2022

Rizki mewakili UKM Debat mengucapkan terima kasih kepada Pembina UKM Yunas Derta Luluardi dan Dr Trianah Sofiani serta pendamping lomba Yusril Bariki dan Imaro Sidqi serta pengurus UKM M. Ainur Rofiq dan Nasihin.

Sementara, Pembina UKM Debat Yunas Derta Luluardi mengatakan, Tim UIN Gus Dur berhasil menyisihkan 16 tim dari PTKIN dan PTN se-Indonesia dan mereka berhasil masuk ke semifinal atau 4 besar. “Pada semifinal pertama, mereka melawan UIN Maliki Malang, pertandingan kedua melawan UIN Sunan kalijaga sebagai tuan rumahnya dan sebagai juara diraih oleh UNDIP, kedua UIN Sunan Kalijaga dan kita raih juara 3,” terang Yunas.

Yunas menyampaikan terima kasih kepada segenap pimpinan yang telah mendukung tim debat Fakultas Syariah. Ia berharap pelatihan-pelatihan dan kegiatan dari UKM Debat bisa dilaksanakan dan diikuti bukan hanya dari Fakultas Syariah tapi dari seluruh mahasiswa UIN Gus Dur.

Baca Juga: Mahasiswa KPI UIN Gus Dur Raih Juara 1 Presenter Wanita Terbaik, Anugerah Penyiaran KPID Jateng 2022

“Semoga pada pertandingan yang akan datang bisa meraih prestasi lebih baik lagi dan bisa menjadi kebanggaan bagi UIN Gus Dur dan prestasi saat ini bisa menjadi tonggak keberhasilan UKM Debat di UIN Gus Dur akan lebih berprestasi lagi ke depannya,” pungkas Yunas.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Kemampuan Menulis Humas Pramuka sudah Mumpuni

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:21 WIB

Penyelenggara PAUD Diminta Transparan dan Akuntabel

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:16 WIB

SMK Islam Pemalang Galang Bantuan Gempa Cianjur

Senin, 12 Desember 2022 | 15:19 WIB
X