UIN Gus Dur Raih Penghargaan PT Responsif Gender Terbaik , Kategori Pengabdian dan Advokasi Tahun 2022

- Selasa, 22 November 2022 | 12:21 WIB
RAIH PENGHARGAAN : UIN Gus Dur Pekalongan meraih penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender (PTRG) kategori Pengabdian dan Advokasi Terbaik Tahun 2022. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)
RAIH PENGHARGAAN : UIN Gus Dur Pekalongan meraih penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender (PTRG) kategori Pengabdian dan Advokasi Terbaik Tahun 2022. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan berhasil meraih penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender (PTRG) kategori Pengabdian dan Advokasi Terbaik Tahun 2022. Penghargaan ini diraih pada gelaran PTRG Award Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI yang berlangsung di UIN Raden Fatah Palembang pada 15-17 November 2022 lalu.

Acara yang diusung dalam bingkaian konferensi nasional Pusat Sudi Gender dan Anak ini mengusung tema “Meneguhkan Peran Pusat Studi Gender dan Anak serta Ulama Perempuan dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan Keagamaan,"

Dari 927 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag kemudian diseleksi melalui beberapa tahapan. Dalam seleksi tahapan pertama lolos 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang dianggap memenuhi dan layak menjadi nominee penerima penghargaan perguruan tinggi responsif gender.

Baca Juga: Mahasiswa KPI UIN Gus Dur Raih Juara 1 Presenter Wanita Terbaik, Anugerah Penyiaran KPID Jateng 2022

Sebelas PTKI ini kemudian masuk pada tahapan kedua yaitu presentasi dan tanya jawab. Dewan juri pada kegiatan ini adalah Prof Dr. Mufidah dari UIN Malang, Buya K.H. Husein Muhammad dari Fahmina Institut, dan Dr. Hilda Ainissyifa.

UIN K.H. Abdurrahman Wahid berhasil masuk sebagai nominator yang berhak mendapatkan penghargaan PTRG dan mengikuti tahap presentasi dan tanya jawab. UIN Gusdur berhasil sabet 2 sertifikat penghargaan yakni sebagai PTRG Peringkat Utama dan PTRG kategori Pengabdian dan Advokasi Responsif Gender Terbaik Tahun 2022.

Sebuah penghargaan yang sangat bergengsi di ajang Nasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Ningsih Fadhilah, M.Pd. selaku Kepala Pusat Studi Gender UIN Gusdur Pekalongan mengucapkan rasa syukur bisa ikut berkontribusi pada gelaran nasional ini, dan berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada pimpinan yang telah banyak mensupport kebijakan-kebijakan responsif gender di kampus sehingga PSGA UIN Gusdur bisa memenuhi indikator-indikator PTRG.

Baca Juga: Terima Delegasi Pemda Kaimana Papua, UIN Gus Dur Komitmen Tingkatkan Kerjasama

"Ucapan terima kasih juga dihaturkan kepada tim vokal point gender dari berbagai unsur baik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang bekerjasama dan saling berkolaborasi dalam program-program responsif gender di kampus," tutur Ningsih Fadhilah MPd.

Rektor UIN Gus Dur Pekalongan Prof. Dr. H. Zaenal Mustaqim, M.Ag., memberikan apresiasinya atas capaian prestasi ini dan bahkan ia sendiri turut serta menghadiri kegiatan ini. Rektor menyebut, prestasi yang pertama di ajang PSGA ini patut dipertahankan dan yang lebih penting bukan hanya euforianya saja, namun bagaimana kerja-kerja kemanusiaan dalam PSGA ini menjadi lebih mengudara dan dirasakan kebermanfaatannya secara lebih luas kepada masyarakat.

Demikian pula Ketua LP2M UIN Gus Dur Prof. Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag, juga sangat bangga atas prestasi yang diraih PSGA diajang PTRG Award tahun 2022. Menurutnya, perlu kerja-kerja perjuangan keadilan gender substantif pada program-program perguruan tinggi dalam mewujudkan gerakan perubahan sosial atau sosial transformation, lebih-lebih UIN Gus Dur membawa nama besar K.H. Abdurrahman Wahid yang merupakan Pejuang Gender Nasional yang konsen dalam gerakan kemanusiaan, membela kelompok rentan dan komunitas inklusi sosial.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Kemampuan Menulis Humas Pramuka sudah Mumpuni

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:21 WIB

Penyelenggara PAUD Diminta Transparan dan Akuntabel

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:16 WIB

SMK Islam Pemalang Galang Bantuan Gempa Cianjur

Senin, 12 Desember 2022 | 15:19 WIB
X