Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Seleksi 60 Calon Kepala Sekolah dan Pengawas Melalui Tes Asesmen

- Selasa, 27 September 2022 | 21:12 WIB
TES ASESMEN : Sebanyak 60 calon kepala sekolah dan pengawas saat mengikuti tes asesmen di lantai dua aula Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Selasa (27/9). (suaramerdeka-pantura.com)
TES ASESMEN : Sebanyak 60 calon kepala sekolah dan pengawas saat mengikuti tes asesmen di lantai dua aula Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Selasa (27/9). (suaramerdeka-pantura.com)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekalongan menyelenggarakan ujian seleksi atau tes asesmen bagi calon kepala sekolah (Kepsek) dan pengawas jenjang TK, SD dan SMP pada 2022.

Sebanyak 60 peserta tes asesmen, terdiri atas 50 orang calon kepala sekolah (Kepsek) dan 10 orang calon pengawas.

Para peserta tes asesmen dipersiapkan untuk menduduki jabatan kepala sekolah (Kepsek) dan pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Pekalongan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim, mengatakan bahwa sesuai Permendikbud no.40 tahun 2021 tentang Penugasasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Salah satu syarat menjadi kepala sekolah (Kepsek) adalah harus memiliki sertifikat guru penggerak.

Sementara itu, karena jumlah guru penggerak yang ada melebihi kebutuhan untuk kepala sekolah (Kepsek) dan pengawas, maka Dinas Pendidikan Kota Pekalongan melakukan tes asesmen, menggandeng Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan telah melakukan seleksi administrasi dan kepeminatan dalam proses rekrutmen calon kepala sekolah (Kepsek) dan pengawas.

''Kami berharap dapat menentukan lebih presisi calon-calon kepala sekolah (Kepsek) dan pengawas yang dibutuhkan. Mereka yang benar-benar memiliki kompetensi, dari sisi manajerial maupun akademik,'' papar dia, Selasa (27/9).

''Hasil tes, sekaligus kami gunakan untuk pemetaan SDM dalam mengisi formasi yang dibutuhkan,'' tambah dia.

Halaman:

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRIN Tinjau Mesin Pengolah Sampah SMK Satya Praja 2

Selasa, 29 November 2022 | 07:43 WIB

Lomba Film Pendek Meriahkan Hari Guru

Jumat, 25 November 2022 | 16:38 WIB

Kantin Kejujuran Bantu Proses Pendidikan Karakter Siswa

Selasa, 15 November 2022 | 15:56 WIB

Sebanyak 911 Pelajar Mengikuti Lomba Mapsi

Senin, 31 Oktober 2022 | 12:46 WIB

Sebanyak 107 Mahasiswa ITB Adias Jalani Wisuda Sarjana

Selasa, 25 Oktober 2022 | 16:16 WIB
X