Pameran Buku Perpustakaan UIN Gus Dur Disambut Antusias

- Jumat, 23 September 2022 | 17:39 WIB
PAMERAN PERPUSTAKAAN : Perpustakaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar pameran, Jumat (23/9). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)
PAMERAN PERPUSTAKAAN : Perpustakaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar pameran, Jumat (23/9). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Perpustakaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menggelar Pameran Buku di Lantai 1 gedung perpustakaan UIN Gus Dur kampus 2, Kajen, Jumat (23/9). Pameran Buku tahun ini terlaksana berkat kerja sama antara Perpustakaan UIN Gus Dur dengan Sahabat Perpus. Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Perpustakaan dan dihadiri oleh sivitas akademika UIN Gus Dur.

Kepala Perpustakaan UIN Gus Dur Hj. Junaeti menyampaikan beberapa tujuan dari kegiatan ini, di antaranya; pertama untuk mengenalkan buku-buku yang dimiliki Perpustakaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan secara berkala supaya agar lebih dikenal oleh sivitas akademika UIN Gus Dur. Kedua, sebagai ajang promosi perpustakaan agar para pemustaka lebih tertarik untuk berkunjung ke Perpustakaan. Dikatakan, Pameran Buku tahun ini merupakan pameran pertama yang diselenggarakan secara luring.

“Tahun lalu kami ada pameran tapi secara daring karena masih dilanda pandemi covid-19,” ungkapnya. Dirinya berpesan kepada seluruh mahasiswa agar senantiasa memanfaatkan Perpustakaan UIN Gus Dur. “Konsep Perpustakaan yang sekarang ini tidak hanya sebatas pada peminjaman koleksi tapi lebih ke knowledge sharing, Perpustakaan sudah menyediakan tempat untuk seminar dan diskusi maka silakan dimanfaatkan sebaik mungkin,” tuturnya.

Acara Pameran Buku Perpustakaan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Perpustakaan UIN Gus Dur. Untuk tahun ini, selain kegiatan Pameran Buku akan ada pengumuman lomba hari kunjung Perpustakaan yang jatuh pada 14 Sept 2022 lalu. Adapun jenis buku yang dipamerkan pada kegiatan ini yakni, buku tentang Pekalongan, Buku tentang Gus Dur, buku Tertua/Terlama di Perpustakaan, buku terbesar dan terkecil di Perpustakaan, buku karya civitas akademika UIN Gusdur, dan buku edisi tahun 2022.

Salah satu buku yang paling menarik perhatian bagi pengunjung adalah sebuah buku yang berjudul “Di bawah Bendera Revolusi” yang diterbitkan pada tahun 1965. Buku ini merupakan karya dari Ir. Soekarno yang merupakan Presiden pertama Republik Indonesia. Buku ini menghimpun tulisan–tulisan Soekarno pada masa penjajahan Belanda (1917-1925) dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1959. Adapun tahun 1965 buku ini untuk keempat kalinya dicetak ulang.

Dalam kegiatan ini juga disediakan pasar jajan gratis bagi pengunjung yang datang ke Pameran Buku, hal ini diadaptasi dari tradisi yang ada di Pekalongan yakni pasar jajan gratis setiap bulan Agustus. Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen kegiatan ini, juga disediakan juga photobooth. Selain itu juga disediakan stan “Tanya Sahabat Perpus” bagi pengunjung yang ingin bertanya seputar layanan dan fasilitas perpustakaan. Pemustaka juga bebas bertanya kepada petugas di setiap stan buku untuk mengetahui informasi buku koleksi perpustakaan UIN Gus Dur.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Pameran Buku Perpustakaan UIN Gus Dur Disambut Antusias

Jumat, 23 September 2022 | 17:39 WIB

Tiga Wakil Rektor Unikal Diambil Sumpah

Senin, 5 September 2022 | 15:28 WIB
X