Lestarikan Budaya, Siswa SDN Krandon 3 Kunjungi Griya Batik Tegal

- Selasa, 20 September 2022 | 21:35 WIB
Sejumlah siswa SD Negeri 3 Krandon, mempraktikkan teknik mencolet atau memberi warna pada kain yang sudah direngreng (gambar) di Griya Batik Kota Tegal, pertengahan September 2022 ini. (Haikal Adithya )
Sejumlah siswa SD Negeri 3 Krandon, mempraktikkan teknik mencolet atau memberi warna pada kain yang sudah direngreng (gambar) di Griya Batik Kota Tegal, pertengahan September 2022 ini. (Haikal Adithya )

TEGAL, suaramerdeka-pantura.com - Sebanyak 150 siswa SD Negeri Krandon 3, Kota Tegal, mengunjungi Griya Batik Kota Tegal, di Jalan Cik Ditiro, Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, pada pertengahan September 2022 ini. Hal itu untuk mengenal lebih dekat dengan warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia.

Guru pendamping SD Negeri Krandon 3, Indra mengatakan, kunjungan tersebut merupakan upaya mengenalkan batik kepada generasi muda, agar nantinya berperan dan memiliki andil untuk ikut melestarikan budaya asli Indonesia.

Terlebih, Batik Indonesia telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi, 2 Oktober 2009 silam.

Baca Juga: HIPMI Basketball Competition Bergulir, Diikuti 40 Tim

“Dalam kurikulum merdeka ini SD Negeri Krandon 3 melaksanakan kegiatan belajar membatik setiap hari Kamis. Kemarin kami mengajak siswa-siswi menyaksikan secara langsung proses pembuatan batik di Griya Batik,” ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh dia, setiap hari Kamis, para siswa kelas 1-3 mendapat pelatihan menggambar motif batik di sekolah, baik menggunakan kertas gambar maupun kain. Adapun siswa kelas 4-6 dilatih proses membatik selanjutnya.

Sementara, dari pantauan, ratusan siswa tampak antusias menyaksikan proses membatik, mulai dari menggambar pada kain, menyanting atau merengreng (memberi malam pada kain yang sudah digambar), mencolet (memberi warna pada kain yang sudah direngreng), mengunci warna serta pelorodan (pelepasan malam pada kain).

Baca Juga: Peringatan HUT Ke 77 PMI, Donatur Bulan Dana PMI Terima Piagam Penghargaan

Bahkan, beberapa siswa dengan percaya diri ikut menggambar, menyanting dan mencolet didampingi oleh ibu-ibu perajin batik yang tergabung dalam Koperasi Batik Cempaka Mulia.

Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R Heru Setyawan memberikan apresiasi, karena ada sekolah dasar yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler membatik.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Pameran Buku Perpustakaan UIN Gus Dur Disambut Antusias

Jumat, 23 September 2022 | 17:39 WIB

Tiga Wakil Rektor Unikal Diambil Sumpah

Senin, 5 September 2022 | 15:28 WIB
X