Lulusan Unikal Dituntut Miliki Soft Skill agar Sukses Masuk Dunia Kerja

- Rabu, 14 September 2022 | 18:09 WIB
Wakil Rektor III Universitas Pekalongan (Unikal) M Fajru Sidqi menyerahkan cendera mata kepada Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan Sri Budi Santoso dan dua narasumber lain pada Pembekalan Wisudawan Periode Oktober 2022 dan Mini Job Fair di Aula Gedung C Unikal, Rabu (14/9). (Isnawati)
Wakil Rektor III Universitas Pekalongan (Unikal) M Fajru Sidqi menyerahkan cendera mata kepada Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan Sri Budi Santoso dan dua narasumber lain pada Pembekalan Wisudawan Periode Oktober 2022 dan Mini Job Fair di Aula Gedung C Unikal, Rabu (14/9). (Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Lulusan Universitas Pekalongan (Unikal) dituntut memiliki soft skill agar sukses masuk dunia kerja. Selain soft skill, agar sukses menembus dunia kerja, lulusan Unikal juga harus memiliki sikap dan perilaku (attitude) yang positif.
Hal itu ditekankan Wakil Rektor III Unikal M Fajru Sidqi pada Pembekalan Wisudawan Periode Oktober 2022 dan Mini Job Fair di Aula Gedung C Unikal, Rabu (14/9).

Menurutnya, di era disrupsi, ada beberapa hal yang harus dimiliki lulusan perguruan tinggi agar dapat bersaing di dunia kerja. Sebab, nilai akademik yang sempurna tidak akan cukup untuk mengantarkan lulusan ke dunia kerja.

“Dunia kerja saat ini lebih mengutamakan soft skill. Yang menjadikan lulusan berkualitas, yang pertama dari soft skill-nya, kemudian attitude-nya. Hal itu bisa dilihat dari sisi tanggung jawabnya, kemampuan kerja samanya. Kalau IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 4,00, jika tidak memiliki attitude yang positif, maka akan tergilas,” paparnya.

Karena itu, calon wisudawan Unikal diharapkan mempersiapkan berbagai hal tersebut agar setelah diwisuda pada Oktober nanti, mereka bisa diterima di dunia kerja. Ia juga mendorong calon wisudawan untuk membekali diri tidak hanya satu kompetensi, tetapi berbagai kompetensi.

Ketua Unit Bimbingan Konseling dan Karir (UBKK) Unikal, Arum Ardianingsih menjelaskan, Pembekalan Wisudawan merupakan program rutin yang diselenggarakan UBKK Unikal untuk memfasilitasi calon wisudawan masuk ke dunia kerja. Tercatat ada 810 mahasiswa yang akan diwisuda pada Oktober mendatang. Mereka berasal dari delapan fakultas dan 16 program studi S1 dan D3.

Acara tersebut menghadirkan tiga narasumber. Yakni Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan Sri Budi Santoso dan Branch Manager Bank Muamalat Cabang Pekalongan Budi Sulaksana. Selain itu juga menghadirkan pengusaha sekaligus alumni Unikal, Muhamad Zaenudin.

"Kami berharap calon wisudawan dan wisudawati mengenal dunia kerja melalui sharing hari ini. Kami juga berusaha memfasilitasi untuk masuk duni kerja dengan membuka mini job fair. Ada lima perusahaan. Harapannya satu atau dua persen dapat diterima," jelasnya.

Sementara itu, Sri Budi Santoso memaparkan, jumlah angkatan kerja di Kota Pekalongan tahun 2021 tercatat 181.210. Dari jumlah tersebut, yang bekerja 168.725 orang. Sedangkan jumlah pengangguran terbuka 12.485 orang. “Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Kota Pekalongan 75,77 persen,” terangnya.

Editor: Nur Khoerudin

Sumber: suaramerdeka.com

Tags

Terkini

BRIN Tinjau Mesin Pengolah Sampah SMK Satya Praja 2

Selasa, 29 November 2022 | 07:43 WIB

Lomba Film Pendek Meriahkan Hari Guru

Jumat, 25 November 2022 | 16:38 WIB

Kantin Kejujuran Bantu Proses Pendidikan Karakter Siswa

Selasa, 15 November 2022 | 15:56 WIB

Sebanyak 911 Pelajar Mengikuti Lomba Mapsi

Senin, 31 Oktober 2022 | 12:46 WIB

Sebanyak 107 Mahasiswa ITB Adias Jalani Wisuda Sarjana

Selasa, 25 Oktober 2022 | 16:16 WIB

SMK se-Pemalang Teken Kerjasama dengan Maspion

Selasa, 18 Oktober 2022 | 11:42 WIB

GKB New Model, Gairahkan Aksi Kembali Bersekolah

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:32 WIB

Seribu Puisi Anak SMP untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Jumat, 14 Oktober 2022 | 18:40 WIB
X