Tiga Wakil Rektor Unikal Diambil Sumpah

- Senin, 5 September 2022 | 15:28 WIB
SUMPAH JABATAN: Wakil Rektor I Zahro SE MSi, Wakil Rektor II Dr Achmad Soeharto SH dan Wakil Rektor III M Fajru Sidqi SPd MHum mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Rektor Unikal Andi Kushermanto SE MM di Gedung Olahraga dan Seni Unikal, Minggu (4/9) malam. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Isnawati)
SUMPAH JABATAN: Wakil Rektor I Zahro SE MSi, Wakil Rektor II Dr Achmad Soeharto SH dan Wakil Rektor III M Fajru Sidqi SPd MHum mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Rektor Unikal Andi Kushermanto SE MM di Gedung Olahraga dan Seni Unikal, Minggu (4/9) malam. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Rektor Universitas Pekalongan (Unikal) Andi Kushermanto S.E, M.M mengambil sumpah jabatan tiga wakil rektor, Minggu (4/9) malam. Mereka adalah Wakil Rektor I Zahro, S.E.,M.Si, Wakil Rektor II Dr. Achmad Soeharto, S.H dan Wakil Rektor III M. Fajru Sidqi, S.Pd, M.Hum.

Pengambilan sumpah jabatan tiga wakil rektor Unikal berlangsung pada acara Kenduri Transformasi: Jagongan Ikhlas di Gedung Olahraga dan Seni (GOR) Unikal. Kenduri Transformasi malam itu merupakan puncak peringatan Dies Natalis Ke-41 Unikal.

“Pada acara yang bahagia ini, kami melantik para wakil rektor guna menjadi sebuah langkah awal menjadi tim kami yang utuh untuk mengembangkan Unikal. Unikal ikhlas (integritas, kolaboratif, humanis, loyal, adaptif, spiritual), Unikal berkelas,” terang Andi.

Lebih lanjut Andi mengatakan, makna ikhlas sangatlah penting. Mengutip kata-kata Imam Ghazali, Andi menyampaikan, semua yang ada di dunia akan fana, akan mati. Dan semua yang berilmu akan mati kecuali yang mengamalkannya. Dan semua yang mengamalkannya beserta ilmunya akan mati, kecuali orang-orang yang ikhlas.

“Maka, sangatlah tepat makna samarthya mahotsaha paramadharma yang berarti mengabdi tanpa pamrih, menjadi identitas dan menjadi budaya nilai di Universitas Pekalongan,” paparnya.

Pada kesempatan itu, ia mengajak seluruh komponen di Unikal untuk membangun Unikal dengan rasa ikhlas sebagaimana sudah dicanangkan sejak 41 tahun lalu. “Pada waktu itu, terbentuklah kata samarthya mahotsaha paramadharma. Meskipun dalam bahasa sansekerta ataupun bahasa yang tidak mudah kita pahami, tapi itu harus menjadi landasan di dalam bekerja. Saya membutuhkan sebuah keikhlasan bersama,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Samarthya Mahotsaha Paramadharma Mohamad Rizal bersyukur adanya regenerasi pimpinan Unikal. “Kami berharap, ke depan regenerasi-regenerasi lainnya bisa terus berlangsung untuk menuju universitas yang berkelas,” kata Rizal.

Kenduri Transformasi malam itu juga diisi dengan peluncuran buku “Universitas Pekalongan untuk Indonesia: Transformatif Kreatif” dan pemutaran film “Menembus Batas”.

Selain itu juga dimeriahkan stand up comedy yang menampilkan Fendy Fatyo, alumni FKIP Unikal 2014, serta hiburan oleh mahasiswa yang telah melaju di Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Tengah 2022. Pada akhir acara, diserahkan cinderamata kepada Rukyat, salah satu tokoh yang membuat logo Unikal, serta hadiah berbagai lomba.

Editor: Kuswandi SM

Tags

Terkini

Kemampuan Menulis Humas Pramuka sudah Mumpuni

Rabu, 28 Desember 2022 | 15:21 WIB

Penyelenggara PAUD Diminta Transparan dan Akuntabel

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:16 WIB

SMK Islam Pemalang Galang Bantuan Gempa Cianjur

Senin, 12 Desember 2022 | 15:19 WIB
X