Fauzi, Anggota DPRD Kota Pekalongan, Wakafkan Tenaganya Jadi Relawan Pemakaman Covid-19

- Senin, 30 Agustus 2021 | 12:50 WIB
MAKAMKAN JENAZAH COVID-19 : Fauzi Umar Lahji, Anggota DPRD Kota Pekalongan, bergabung menjadi relawan dan turut serta memakamkan jenazah Covid-19 bersama petugas BPBD Kota Pekalongan di TPU Sapuro Kota Pekalongan. (SM/Kuswandi) (Kuswandi)
MAKAMKAN JENAZAH COVID-19 : Fauzi Umar Lahji, Anggota DPRD Kota Pekalongan, bergabung menjadi relawan dan turut serta memakamkan jenazah Covid-19 bersama petugas BPBD Kota Pekalongan di TPU Sapuro Kota Pekalongan. (SM/Kuswandi) (Kuswandi)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Cara unik dilakukan Anggota DPRD Kota Pekalongan satu ini, dalam melihat fenomena pandemi Covid-19. Mungkin hanya satu-satunya anggota dewan di Indonesia, yang mau turun langsung bergabung dengan petugas BPBD Kota Pekalongan, menjadi relawan pemakaman jenazah Covid-19.

Fauzi Umar Lahji, namanya. Ia menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Kota Pekalongan. Inisiatif Fauzi, bukan tanpa resiko, karena berinteraksi langsung dengan peti jenazah Covid-19.  

Mungkin anggapan sebagian masyarakat, itu hanya sebagai "lipstik" semata, karena Fauzi, begitu ia akrab disapa,  memang merupakan seorang politisi.

Namun hal itu tak dihiraukan Fauzi, ia hanya merasa terpanggil, dan tergugah rasa empatinya, melihat kerja yang dilakukan petugas BPBD, begitu berat dan penuh resiko besar.

Baca Juga: YARS Ingin Buat Marketplace untuk Alumni

Fauzi baru saja ikut memakamkan jenazah pasien Covid-19 yang keempat saat ditemui siang itu di TPU Sapuro. Dia menepi sejenak menunggu dua jenazah lagi yang akan dimakamkan. Dengan mengenakan baju hazmat lengkap, dia duduk di pinggir kijing (tanda makam-red) salah satu makam.

Sudah sekitar tiga minggu dirinya ikut serta dalam tim pemakaman dari BPBD Kota Pekalongan. Keprihatinan, rasa kemanusiaan dan solidaritas, menjadi motivasi utamanya memutuskan bergabung.

Awalnya, koordinator tim yang juga Kepala Pelaksanaan BPBD, Saminta, menolak saat dia meminta ijin untuk membantu dan bergabung. Tetapi dengan gigih dia terus merayu hingga akhirnya diijinkan.

Dia mengaku tak peduli akan dinilai seperti apa oleh masyarakat. Yang jelas, dia ingin tenaga yang dimilikinya dapat disalurkan dan bermanfaat bagi orang banyak di tengah pandemi yang makin memprihatinkan.

Baca Juga: Tim U-17 Batang Mulai Menggeliat

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

YARS Ingin Buat Marketplace untuk Alumni

Senin, 30 Agustus 2021 | 12:28 WIB

Media Berperan Penting dalam Penanggulangan Bencana

Jumat, 27 Agustus 2021 | 21:22 WIB

1.500 Anggota Koperasi Jalani Vaksinasi Covid-19

Kamis, 26 Agustus 2021 | 16:02 WIB

Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Pangkas Ranting Pohon

Selasa, 24 Agustus 2021 | 16:19 WIB
X