FK Metra Kabupaten Batang Sosialisasikan Jogo Tonggo Melalui Pertunjukan Rakyat

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Penampilan seniman-seniwati yang tergabung dalam FKMETRA memukau saat pentas di Pendapa Kabupaten Batang. Pertunjukan rakyat itu dikemas untuk mengedukasi masyarakatnya pentingnya 'Jogo Tonggo
Penampilan seniman-seniwati yang tergabung dalam FKMETRA memukau saat pentas di Pendapa Kabupaten Batang. Pertunjukan rakyat itu dikemas untuk mengedukasi masyarakatnya pentingnya 'Jogo Tonggo

 

BATANG, suaramerdeka-pantura.com - Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Batang mementaskan seni pertunjukan rakyat berjudul "Memetik Bintang"., Pentas itu dikemas untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya "Jogo Tonggo" dalam melawan Covid-19.

Pertunjukan itu menceritakan tentang polemik yang terjadi antara seorang warga yang merasa ada ketidakadilan karena tidak mendapat bantuan dari program Jogo Tonggo. Walaupun belum ada kepastian dirinya positif atau negatif Corona.

"Pentas itu rencananya akan kami ikutkan dalam lomba Pertunjukan Rakyat (Petunra) tingkat Jawa Tengah secara virtual dalam situasi Pandemi Covid-19.Sebenarnya mendapat bantuan atau tidak itu sudah diatur. Yaitu orang-orang yang memang positif terpapar virus Korona, maka Pemprov Jateng membuatkan program Jogo Tonggo. Lewat pentas itu kami jadikan sarana mengedukasi masyarakat," ujar sutradara FK Metra Ahmad Zainuri saat ditemui seusai pementasan di Pendapa Kabupaten Batang, Kamis) malam.

Dia menuturkan pertunjukan itu berisi pesan moral agar warga pandai menyikapi beredarnya informasi yang belum pasti kebenarannya.

"Kita saat ini berperang dengan Virus Korona dan berita hoaks, walaupun temanya Jogo Tonggo.Tapi kami sisipkan pesan agar masyarakat mampu mengantisipasinya,"tandasnya.

Melalui Virus Korona justru warga harus semakin kompak dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta terus berdoa.

Baca Juga: Di Kegiatan Kundapil, Bisri Romly Terima Usulan Kepala Sekolah Soal Pembelajaran Tatap Muka

Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi musibah Pandemi Viirud Covid-19, jadi harus ada kerja sama yang baik antar sesama.

Dalam pementasan itu FK Metra Batang melibatkan 14 pemain, di antaranya pemain drama dan penari masing-masing empat orang. Sedangkan penabuh gamelan enam orang.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

Kantor UPP Batang Gelar Program Padat Karya

Senin, 13 September 2021 | 17:59 WIB

Cincin Dikembalikan, Tunangan Dibunuh

Rabu, 8 September 2021 | 18:30 WIB
X