Diserahkan Kepada Satpol PP, 15 Camat Pelanggar Prokes Dikenakan Sanksi Denda Maksimal Rp 100 Ribu

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 20:10 WIB

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com -  Setelah melakukan penyelidikan  terhadap kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang melibatkan 15 camat di Kabupaten Tegal, Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tegal menyerahkan penanganannya kepada Satpol PP Kabupaten Tegal. Hal ini terkait pemberian sanksi kepada pelanggar peraturan bupati.

Sebab, yang berwenang dalam pemberian sanksi sesuai yang tertuang di dalam Perbup Nomor 42 Tahun 2021 adalah Satpol PP. 

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafaat melalui Kasat Reskrim Polres Tegal AKP I Dewa Gede Ditya Khrisnanda pada gelar perkara di Mapolres Tegal, Jumat (13/8/2021) menjelaskan, sehubungan adanya  pengaduan warga tentang dugaan pelanggaan protokol kesehatan yang terjadi di Kantor Kecamatan Slawi pada 24 Juli 2021, Satreskrim Polres Tegal telah melakukan pemeriksaan/ pengambilan keterangan  terhadap 19 saksi, diantaranya pengadu, saksi yang melihat langsung peristiwa, fotografer dan 15 camat yang menghadiri kegiatan. 

Baca Juga: RSI PKU Muhammadiyah Terima Bantuan Sarpras Penanggulangan Covid-19 dari BRI KC Tegal

Selain itu, melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19, Satpol PP dan Dinas Kesehatan. 

“Adapun kesimpulannya dari gelar perkara dan hasil penyelidikan, adalah benar 15 camat menghadiri kegiatan di Kantor Kecamatan Slawi dengan melangga prokes, dengan tidak memakai  masker dan tidak menjaga jarak."

"Yang bersangkutan melanggar pasal 5 Perbub Nomor 42 tahun 2021 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes dalam pencegahahan dan pengendalian penularan Covid-19 di Kabupaten Tegal,” terang Dewa. 

Dengan demikian, lanjut Dewa, perkara tersebut diserahkan penanganannya pada Satpol PP, dengan tetap berkoordinasi dengan polisi, kejaksaan dan TNI. 

Baca Juga: UPS dan OJK Gelar Kompetisi Ekonomi 2021, SMK 1 Slawi Sabet Juara Umum 

Dewa menyebutkan, para camat tersebut tidak dijerat UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, karena hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan, sejak 24 Juli sampai saat ini tidak ditemukan klaster baru yang timbul dari kegiatan di Kantor Kecamatan Slawi. 

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

14 Camat Mendapat  Hukuman Disiplin Ringan

Jumat, 20 Agustus 2021 | 19:44 WIB
X