Dilantik, 81 PPS Diminta Ikut Berperan Cegah Berita Hoaks Terkait Pemilu

- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:43 WIB
Ketua KPU Kota Pekalongan Rahmi Rosyada Thoha menandatangani berita acara Pelantikan PPS Pemilu Serentak 2024 disaksikan Pj Sekda Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini di halaman Gedung Setda Kota Pekalongan, Selasa (24/1). suaramerdeka.com/Isnawati
Ketua KPU Kota Pekalongan Rahmi Rosyada Thoha menandatangani berita acara Pelantikan PPS Pemilu Serentak 2024 disaksikan Pj Sekda Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini di halaman Gedung Setda Kota Pekalongan, Selasa (24/1). suaramerdeka.com/Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Panitia Pemungutan Suara (PPS) berperan penting dalam penyelenggaraan Pemilu serentak 2024. Mereka diharapkan aktif mempublikasikan dan menyebarkan informasi tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat. Selain itu, PPS juga diminta ikut berperan aktif mencegah berita hoaks dan konten yang salah terkait pemilu.

Hal itu disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini pada Pelantikan PPS Pemilu Serentak 2024 di halaman Gedung Setda Kota Pekalongan, Selasa (24/1). Pelantikan PPS dirangkai dengan Gelar Pasukan PPS dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Pemilu 2024 se-Kota Pekalongan.

Ada 81 orang PPS yang dilantik hari itu. Mereka akan bertugas di 27 kelurahan se-Kota Pekalongan. Anita berpesan kepada 81 PPS yang dilantik untuk bekerja dengan baik dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas-asas pemilu.

"Jaga kesehatan dan semoga diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas sampai akhir masa jabatan 14 bulan ke depan untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024," kata Anita.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Thoha menjelaskan, PPS akan  bekerja mulai 24 Januari 2023 hingga 4 April 2024 mendatang. Setelah dilantik, mereka akan segera melaksanakan tugas. Di antaranya memetakan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“PPS akan segera memetakan TPS. Namun sebelumnya, mereka harus membentuk panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di sejumlah TPS. Dari perhitungan, ada 930an TPS di Kota Pekalongan,” terang Rahmi.

Selanjutnya, PPS akan merekrut sebanyak 930 orang tenaga Pantarlih yang akan segera diterjunkan ke masyarakat. Mereka akan melakukan pencocokan dan penelitian data  pemilih yang diturunkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri melalui KPU.

Terkait hal itu, Rahmi berharap PPS segera mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi tahapan demi tahapan Pemilu serentak 2024. Mereka diharapkan bisa lebih bersiap diri baik secara mental maupun fisik sehingga bisa menghadapi seluruh tahapan pemilu selama 14 bulan ke depan dengan sebaik-baiknya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X