Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

- Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid menyampaikan arah kebijkan Pemkot Pekalongan tahun 2024.
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid menyampaikan arah kebijkan Pemkot Pekalongan tahun 2024.

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Penataan Alun-alun Kota Pekalongan menjadi perhatian Pemkot Pekalongan. Setelah penataan Alun-alun sisi selatan selesai, Pemkot Pekalongan akan melanjutkan penataan sisi utara dan tengah pada tahun ini. Harapannya, penataan Alun-alun tersebut akan memperindah Kota Pekalongan.

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mengatakan, penataan Alun-alun Kota Pekalongan menjadi perhatian karena alun-alun merupakan wajah kota. “Wajah sebuah kota, biasanya digambarkan dari alun-alun. Kalau alun-alunnya semrawut, berarti kotanya juga semrawut. Karena itu, kami ingin Alun-alun Kota Pekalongan tertata,” kata dia.

Hal itu disampaikannya pada Konsultasi Publik dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Pekalongan Tahun 2024 di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan, baru-baru ini.

Wali Kota menjelaskan, Alun-alun Kota Pekalongan sisi selatan sudah selesai ditata. Penataan Alun-alun sisi utara akan dilanjutkan pada tahun ini. Ia berharap penataan Alun-alun sisi utara bisa menggunakan dana dari program CSR. Karena menurutnya, jika mengandalkan APBD Kota Pekalongan, tentunya sangat berat.

“Mudah-mudahan ada dana CSR masuk untuk penataan Alun-alun Kota Pekalongan. Taman-taman kota yang kurang maksimal juga bisa kami maksimalkan sehingga bisa memperindah Kota Pekalongan,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan Joko Purnomo mengatakan, Alun-Alun Kota Pekalongan akan dibuka untuk masyarakat setelah penataan sisi utara dan tengah selesai dikerjakan. Joko menyebutkan, penataan sisi utara Alun-Alun Kota Pekalongan dianggarkan sekitar Rp1,5 milliar, sedangkan sisi tengah senilai Rp4,5 milliar.

"Saat ini, kami masih mengajukan anggaran CSR untuk penataan sisi utara dan tengah. Kami menggandeng vendor PT Gudang Garam. Semoga bisa segera direalisasikan," kata Joko di ruang kerjanya, Selasa (17/1).

Lebih lanjut Joko menjelaskan, dari hasil pertemuannya dengan vendor beberapa waktu lalu, vendor menghendaki adanya videotron. Namun hal itu akan dibahas bersama lebih lanjut. Sementara untuk pembangunan sisi tengah dan utara, vendor sudah menyetujuinya.

"Sisi utara desainnya hampir mirip sisi selatan. Sedangkan sisi tengah ada taman bunga dan tempat santai. Lapangannya akan ditinggikan dan rumputnya menggunakan rumput sintetis," terangnya.

Jika nantinya penataan Alun-Alun Kota Pekalongan telah rampung dikerjakan, Joko mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaganya. Di antaranya  tidak mengotori, mencoret maupun merusak fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya. Sehingga keberlangsungan ruang publik tersebut bisa bertahan lama.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X