Festival Durian Lolong, Siap Munculkan Varietas Bibit Durian Unggulan Lokal Asli dan Khas Karanganyar

- Senin, 23 Januari 2023 | 15:21 WIB
DURIAN : Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, menjadi salah satu sentra pengembangbiakkan durian yang ada di Kabupaten Pekalongan. (suaramerdeka-pantura.com)
DURIAN : Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, menjadi salah satu sentra pengembangbiakkan durian yang ada di Kabupaten Pekalongan. (suaramerdeka-pantura.com)

KAJEN, suaramerdeka-pantura.com - Festival Durian Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan rencana digelar akhir Januari 2023. Sejumlah kegiatan akan disuguhkan guna memeriahkan Festival Durian Lolong, Kecamatan Karanganyar. Seperti tasyakuran durian, kontes durian, kirab gunungan durian, kesenian tradisional, dan bazar mitra tani.

Festival Durian Lolong, Kecamatan Karanganyar sebenarnya merupakan event tahunan yang rutin digelar Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam rangka mempromosikan salah satu hasil tani yang juga terkenal di sejumlah kecamatan yakni durian. Hanya saja, pandemi Covid-19 selama tiga tahun belakangan membuat event tersebut sempat mengalami kevakuman.

Adapun dalam Festival Durian Lolong 2023, Kecamatan Karanganyar, rencananya peringkat tiga besar yang terpilih akan dinobatkan menjadi durian varietas unggulan, yang akan dikembangkan untuk menjadi durian kualitas unggul lokal. Tiga durian terbaik itu akan mewakili produk durian asli dan khas dari Kecamatan Karanganyar.

Baca Juga: DPD Bapera Kabupaten Pekalongan Bantu Rehab Rumah Tidak Layak Huni dan Roboh Milik Masyarakat di Kota Santri

Panitia Pelaksana Festival Durian Lolong, Mujahidin, mengatakan, event ini menjadi salah satu ajang kontes menampilkan durian-durian untuk desa di ruang lingkup wilayah Kecamatan Karanganyar. Diharapkan mampu memunculkan durian varietas unggul lokal yang nantinya bisa bersaing dengan durian-durian dari daerah lainnya.

Festival Durian Lolong rencananya digelar pada 29 Januari 2023, yang berada di Dukuh Rejomulyo, Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar. Sebenarnya, kata Mujahidin, varietas durian asli Kecamatan Karanganyar tergolong berkualitas bagus, hanya saja memang pangsa pasarnya belum seluas lainnya.

''Misalnya untuk Desa Lolong, ada Durian Emas, Durian Romli, dan Durian Cempli. Sementara itu, untuk tiga besar Festival Durian Lolong, akan dikembangbiakkan 5.000 bibit durian menjadi varietas unggul lokal Kecamatan Karanganyar,'' ujar dia, yang juga menjadi pengurus di Kelompok Wong Tani Lolong.

Baca Juga: Hasil Pemetaan Akhir, KPU Kabupaten Pekalongan Akan Persiapkan Sebanyak 3.018 TPS di Pemilu 2024

Adapun peserta Festival Durian Lolong, Kecamatan Karanganyar diantaranya durian unggulan dari Desa Lolong, durian dari Desa Limbangan, durian dari Desa Pododadi, durian dari Desa Gutomo, durian dari Desa Pedawang, dan durian dari Desa Karanggondang.

''Bila berhasil dikembangkan menjadi durian varietas unggul lokal khas dan asli Kecamatan Karanganyar, kami berharap nantinya durian lokal ini mampu dikenal baik masyarakat luas. Baik dari segi kualitas, rasa, ataupun bentuknya,'' beber Mujahidin.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Anggota DPRD Kota Pekalongan Ditangkap BNN

Kamis, 2 Februari 2023 | 17:23 WIB
X