Kantor Kemenag Kota Pekalongan Pastikan Seleksi PPIH 2023 Adil dan Transparan

- Minggu, 22 Januari 2023 | 17:54 WIB
Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky
Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama membuka seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tahun 2023 sejak 6 hingga 20 Januari lalu. Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan memastikan seleksi PPIH tahun 2023 berjalan dengan adil, jujur dan transparan.

Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan, Kasiman Mahmud Desky menjelaskan, PPIH kelompok terbang (Kloter) terdiri dari satu ketua kloter, satu pembimbing ibadah, satu dokter dan dua perawat.

Pendaftaran calon PPIH tingkat kota dan seleksi administrasi dilaksanakan pada 6 hingga 20 Januari 2023. Setelah itu, tahapan berikutnya yakni computer asested test (CAT) tingkat pertama pada 25 Januari.

Peserta yang lolos seleksi di tingkat kota, berhak mengikuti seleksi CAT tingkat provinsi. “CAT di tingkat provinsi akan dilaksanakan pada 31 Januari. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi pada 1 Februari 2023,” terangnya, kemarin.

Menurutnya, tidak ada kesempatan bagi peserta untuk tidak jujur. Sebaliknya, peserta harus berlaku adil, karena proses CAT bisa langsung diketahui. “Semuanya akan terbuka dan hasilnya bisa kita lihat dan diumumkan dengan terbuka. Sementara untuk tenaga kesehatan, seleksinya dari Kementerian Kesehatan melalui Kanwil,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan beberapa syarat umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar. Di antaranya ASN Kemenag atau dari unsur perguruan tinggi atau pondok pesantren maupun organisasi kemasyarakatan Islam.

Selain itu, berbadan sehat, tidak dalam keadaan hamil, berkomitmen dalam pelayanan yang baik, memiliki integritas, mampu mengoperasikan microsoft office dan aplikasi laporan berbasis android.

Berusia minimal 30 tahun dan maksimal 50 tahun, memahami fiqih dan alur perjalanan haji, memiliki kemampuan kepemimpinan dan komunikasi, diutamakan pendidikan S1 agama Islam atau lainnya. Diutamakan yang pernah beribadah haji serta mampu berbahasa inggris.

“Kami membuka seleksi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji yang betul-betul amanah dan siap melayani jamaah haji kita,” paparnya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X