Kurangi Angka Pengangguran, Dinperinaker Kota Pekalongan Perluas Akses Kesempatan Kerja bagi Pencari Kerja

- Minggu, 22 Januari 2023 | 15:06 WIB
Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan Sri Budi Santoso menjelaskan berbagai program untuk mengurangi angka pengangguran pada Sosialisasi dan Pelatihan bagi Pencari Kerja.
Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan Sri Budi Santoso menjelaskan berbagai program untuk mengurangi angka pengangguran pada Sosialisasi dan Pelatihan bagi Pencari Kerja.

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan terus berupaya mengurangi angka pengangguran di Kota Pekalongan. Salah satu upaya yang akan dlakukan Dinperinaker Kota Pekalongan untuk mengurangi angka pengangguran yakni memperluas akses kesempatan kerja bagi para pencari kerja.

“Kami akan meningkatkan perluasan kesempatan kerja bagi pencari kerja. Sehingga akan semakin banyak para calon tenaga kerja yang terserap di sejumlah lowongan kerja yang dibuka,” kata Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso, baru-baru ini.

Sri Budi menjelaskan, Dinperinaker Kota Pekalongan senantiasa menyediakan informasi lowongan kerja agar angkatan kerja bisa mengakses informasi pasar kerja yang tersedia.

Selain itu, Dinperinaker Kota Pekalongan juga menyiapkan tenaga kerja terampil dengan membuka pelatihan dan pembekalan termasuk untuk melatih tenaga kerja menjadi wirausaha baru.

"Pada tahun 2023 ini, kami juga akan menggelar job fair secara offline dan online atau hybrid. Tujuannya agar banyak dijangkau masyarakat luas dan bisa semakin menyerap tenaga kerja asal Kota Pekalongan," sambungnya.

Dengan berbagai program tersebut diharapakan angka pengangguran di Kota Pekalongan akan berkurang. Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Pekalongan, tingkat pengangguran terbuka di Kota Pekalongan meningkat signifkan selama pandemi Covid-19.

Pada tahun 2018, tingkat pengangguran terbuka di Kota Pekalongan tercatat 6,08 persen. Angka tersebut turun menjadi 5,80 persen pada tahun 2019. Namun pada 2020 saat pandemi Covid-19, tingkat pengangguran terbuka di Kota Pekalongan naik hingga 7,02 persen.

Pada tahun kedua pandemi Covid-19, tingkat pengangguran terbuka di Kota Pekalongan perlahan turun di angka 6,89 persen. Tingkat pengangguran terbuka di Kota Pekalongan terus turun pada tahun 2022 hingga 4,98 persen.

Angka ini dipaparkan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kota Pekalongan Anita Heru Kusumorini dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Pekalongan tahun 2024 di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan, beberapa waktu lalu.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X