DPD Bapera Kabupaten Pekalongan Bantu Rehab Rumah Tidak Layak Huni dan Roboh Milik Masyarakat di Kota Santri

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:49 WIB
BANTUAN - Ketua DPD Bapera Kabupaten Pekalongan Mukhtharuddin Ashraff Abu saat menyerahkan bantuan perlengkapan tidur, selimut, tikar, dan lainnya kepada Asiyah (68) warga Desa Galangpengampon (Wonopringgo), yang direhab rumahnya karena roboh. (suaramerdeka-pantura.com)
BANTUAN - Ketua DPD Bapera Kabupaten Pekalongan Mukhtharuddin Ashraff Abu saat menyerahkan bantuan perlengkapan tidur, selimut, tikar, dan lainnya kepada Asiyah (68) warga Desa Galangpengampon (Wonopringgo), yang direhab rumahnya karena roboh. (suaramerdeka-pantura.com)

KAJEN, suaramerdeka-pantura.com - DPD Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Pekalongan untuk kesekian kalinya ikut membantu warga kurang mampu di wilayah Kota Santri dengan melakukan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Adapun dari 20 rumah yang direhab Bapera Kabupaten Pekalongan, dua rumah menjadi prioritas setelah roboh terkena angin kencang yang melanda Kabupaten Pekalongan belum lama ini. Dua rumah tersebut yakni milik Asiyah (68) warga Desa Galangpengampon (Wonopringgo). Kemudian rumah milik almarhum Pedo di Desa Pringsurat (Kajen).

Ketua DPD Bapera Kabupaten Pekalongan Mukhtharuddin Ashraff Abu sejumlah bersama pengurus ranting, meninjau langsung dua rumah sudah jadi yang sebelumnya ambruk terkena bencana alam tersebut, Jumat 20 Januari 2023. Untuk memastikan rehab rumah sudah jadi dan sesuai dengan pekerjaan yang ada.

Baca Juga: Hasil Bulan Dana PMI Kabupaten Pekalongan Tahun 2022 Alami Kenaikan 22,34 Persen, Dibandingkan Tahun 2021

Dikatakannya, pembangunan rehab dua unit rumah tersebut dilakukan dibantu Pemdes setempat yang memberi data rumah-rumah warga tidak layak huni. Selama ini Bapera memang berkeinginan membantu membangunkan rumah warga di Kabupaten Pekalongan yang dalam kondisi tidak layak huni.

''Saya datang untuk meninjau dan meresmikan bangunan rehab rumah yang telah dibangun bersama-sama oleh Bapera, bagi warga dengan rumah tidak layak huni. Sebenarnya rumah yang dibangun Bapera ada lebih dari 20 unit, tapi karena yang sudah lengkap dan siap dihuni baru dua unit,'' kata Ashraff saat mengunjungi dua rumah yang telah terbangun.

Ashraff mengaku, sebenarnya Pemkab Pekalongan berkenan memberikan bantuan pembangunan rumah tidak layak huni. Hanya saja, pengajuan bantuan akan membutuhkan waktu cukup lama dalam pengurusan prosedur-prosedurnya.

Baca Juga: Hasil Pemetaan Akhir, KPU Kabupaten Pekalongan Akan Persiapkan Sebanyak 3.018 TPS di Pemilu 2024

Sementara Bapera sebagai bagian dari masyarakat di Kabupaten Pekalongan, berinisiatif ingin turut membantu Pemkab dalam pembangunan di masyarakat. Pihaknya juga membawa 30 bingkisan paket sembako, untuk disalurkan kepada sejumlah warga sekitar.

''Mudah-mudahan tidak ada masalah lain setelah terbangunnya rumah-rumah ini. Bangunan rumah pun diharapkan bermanfaat dan tidak ada masalah apa pun. Namun bila ada masalah di kemudian hari, kami mohon bisa disampaikan secara langsung. Kami berharap, Bapera bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat di Kabupaten Pekalongan,'' ungkapnya.

Selain melakukan peninjauan dan peresmian rumah, Ashraff yang juga Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan memberikan bantuan bingkisan sembako kepada warga tak mampu dan yatim piatu yang ada di wilayah sekitar. Sedangkan penerima bantuan rehab rumah juga mendapat perlengkapan tidur, selimut tikar, dan lainnya.

Baca Juga: Diresmikan Awal 2023, Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pekalongan Mulai Melayani Ratusan Warga Setiap Harinya

Penerima bantuan rehab rumah, Asiyah (68) mengaku banyak berterima kasih kepada Bapera Kabupaten Pekalongan.

"Saya mengucapkan banyak terimakasih karena kalau tidak dibantu rehab Pak Ashraf melalui Bapera Kabupaten Pekalongan, mungkin tidak jadi rumah seperti ini. Sebab sebelumnya rumahnya rusak parah bahkan ambruk," tutur dia.

Halaman:

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggota DPRD Kota Pekalongan Ditangkap BNN

Kamis, 2 Februari 2023 | 17:23 WIB
X