Calon Anggota DPD dari Jawa Tengah Harus Kantongi Dukungan Minimal 5.000 Pemilih

- Senin, 26 Desember 2022 | 20:46 WIB
Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda menjelaskan syarat pencalonan anggota DPD pada Sosialisasi Pencalonan Perseorangan Anggota DPD pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Hotel Nirwana, Senin (26/12). suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati
Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda menjelaskan syarat pencalonan anggota DPD pada Sosialisasi Pencalonan Perseorangan Anggota DPD pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Hotel Nirwana, Senin (26/12). suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Provinsi Jawa Tengah harus mengantongi dukungan minimal sebanyak 5.000 pemilih. Dukungan tersebut harus tersebar di 18 kabupaten/ kota di Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda pada Sosialisasi Pencalonan Perseorangan Anggota DPD pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Hotel Nirwana, Senin (26/12).

"Ketika seseorang ingin mencalonkan sebagai anggota DPD, ada dua tahapan yang harus dilalui. Pertama, peroleh tiketnya terlebih dulu. Setelah itu, dia baru bisa mendaftar sebagai anggota DPD," kata Fajar.

Tiket yang dimaksud yakni dukungan pemilih. Fajar memaparkan beberapa ketentuan dukungan minimal pemilih dan sebarannya. Di antaranya provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat dalam daftar pemilih tetap (DPT) lebih dari 10 juta hingga 15 juta, dukungan paling sedikit 4.000 pemilih.

Sedangkan jika jumlah DPT lebih dari 15 juta, dukungan paling sedikit 5.000 pemilih. Dukungan minimal pemilih tersebut paling sedikit 50 persen dari jumlah kabupaten/ kota di provinsi yang bersangkutan.

Karena jumlah DPT Provinsi Jawa Tengah sebanyak 27.650.178, maka jumlah dukungan minimal 5.000 pemilih. Dukungan tersebut harus tersebar di 18 kabupaten/ kota karena jumlah kabupaten/ kota di Jawa Tengah sebanyak 35.

Fajar menambahkan, pada 16 hingga 29 Desember nanti merupakan tahapan penyerahan dukungan pemilih. Kemudian pada 17 April 2023, KPU RI akan menetapkan siapa saja calon yang syarat dukungannya memenuhi.

Jika pada tahap pertama dinyatakan dukungannya memenuhi syarat, maka bakal calon bisa mendaftar pada tahap kedua. Yakni mulai 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

“Namun apabila tidak mendapat dukungan, dia tidak bisa mendaftar. Gol akhirnya pada 25 November 2023 dengan ditetapkannya sebagai daftar calon tetap DPD," jelasnya.

Ketua KPU Kota Pekalongan Rahmi Rosyada Thoha menambahkan, hingga saat ini KPU Provinsi Jawa Tengah sudah menerima pendaftaran anggota DPD. "Ada 15 pendaftar secara  perseorangan,” kata Rahmi.

Rahmi berharap, dengan adanya sosialisasi tersebut, mekanisme pendaftaran calon perseorangan anggota DPD dapat diketahui masyarakat.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

X