KPU Kota Pekalongan Sampaikan Hasil Verifikasi Faktual Perbaikan, Enam Parpol Penuhi Syarat

- Kamis, 8 Desember 2022 | 19:57 WIB
Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda membacakan hasil verifikasi faktual perbaikan kepengurusan dan keanggotaan partai politik di tingkat Kota Pekalongan di Hotel Dafam, Kamis (8/12). www.suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati
Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda membacakan hasil verifikasi faktual perbaikan kepengurusan dan keanggotaan partai politik di tingkat Kota Pekalongan di Hotel Dafam, Kamis (8/12). www.suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan menggelar Rapat Pleno Hasil Verifikasi Faktual Perbaikan Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik di Tingkat Kota Pekalongan di Hotel Dafam, Kamis (8/12). Dari hasil verifikasi faktual perbaikan tersebut, enam partai politik (parpol) dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon peserta Pemilu di tingkat Kota Pekalongan.

Pada Rapat Pleno tersebut disampaikan hasil verifikasi faktual kepengurusan partai politik calon peserta pemilu tingkat Kota Pekalongan. Selain itu, verifikasi faktual pemenuhan keterwakilan perempuan pada susunan pengurus partai politik tingkat kabupaten/ kota paling sedikit 30 persen. Kemudian verifikasi faktual domisili kantor tetap pada kepengurusan partai politik tingkat kabupaten/ kota.

“Enam parpol dinyatakan memenuhi syarat di tingkat Kota Pekalongan,” kata Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda, usai Rapat Pleno.

Keenam parpol tersebut adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Ummat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda).

Fajar menjelaskan, pada tahap verifikasi faktual, ada delapan parpol yang harus menjalani verifikasi faktual. “Namun, dari delapan parpol tersebut, dua parpol, yakni Gelora dan Hanura, pada saat tahapan verifikasi faktual pertama sudah berhasil. Sehingga tidak perlu melakukan proses verifikasi faktual perbaikan. Dengan demikian, ada enam parpol yang harus menjalani verifikasi faktual perbaikan,” sambungnya.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi, parpol yang sudah lolos ambang batas (parliamentary threshold) atau mempunyai wakil di DPR, cukup mengikuti tahapan administrasi.

Sedangkan parpol baru atau parpol yang mempunyai wakil di DPRD provinsi atau DPRD kabupaten/ kota, namun tidak lolos di DPR, harus mengikuti verifikasi administrasi. Jika lolos, parpol akan lanjut ke tahapan verifikasi faktual.

“Dari awal verifikasi faktual, ada delapan parpol. Namun yang mengikuti verifikasi faktual perbaikan ada enam. Verifikasi faktual sudah diselesaikan pada 7 Desember,” sambungnya.

Ketua KPU Kota Pekalongan Rahmi Rosyada Thoha menambahkan, setelah menyampaikan hasil verifikasi faktual perbaikan kepada enam parpol baru di Kota Pekalongan, selanjutnya hasil verifikasi faktual perbaikan akan disampaikan ke KPU Provinsi Jawa Tengah. “Untuk hasil akhir (penetapan peserta pemilu) akan disampaikan KPU pada 14 Desember mendatang,” terangnya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X