KPU Kota Pekalongan Usulkan Rancangan Dapil Pemilu Legislatif 2024, Masyarakat Diminta Beri Masukan

- Senin, 28 November 2022 | 13:50 WIB
Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda menjelaskan rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pekalongan dalam Pemilu tahun 2024 kepada wartawan. www.suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati
Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda menjelaskan rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pekalongan dalam Pemilu tahun 2024 kepada wartawan. www.suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan telah menyusun rancangan usulan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pekalongan dalam Pemilu 2024. Dalam rancangan usulan dapil tersebut, tidak ada perubahan. Komposisi dapil Kota Pekalongan dalam Pemilu 2024 masih sama dengan Pemilu 2019.

Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Teknis Penyelanggara, Fajar Randi Yogananda menjelaskan,  KPU Kota Pekalongan telah menerbitkan pengumuman Nomor 1757/ PL.01.3-Pu/3375.2022. Pengumuman ini berisi tentang rancangan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Pekalongan dalam Pemilu 2024.

"Rancangan dan usulan penataan dapil dalam Pemilu 2024 masih sama dengan Pemilu 2019. Yaitu empat dapil dengan alokasi 35 kursi DPRD. Begitu pula alokasi kursi anggota DPRD di setiap dapil juga tidak ada perubahan,” kata Fajar kepada wartawan, di Rumah Makan Selaras, baru-baru ini.

Empat dapil tersebut meliputi Dapil 1 Pekalongan Barat, Dapil 2 Pekalongan Utara, Dapil 3 Pekalongan Timur dan Dapil 4 Pekalongan Selatan. Adapun alokasi kursi anggota DPRD di setiap dapil yakni, sebelas kursi untuk Dapil 1, sembilan kursi untuk Dapil 2, delapan kursi untuk Dapil 3 dan tujuh kursi untuk Dapil 4.

Setelah adanya usulan rancangan penataan  dapil dan alokasi kursi tersebut, KPU Kota Pekalongan berharap masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan. Menurut Fajar, masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan atas rancangan tersebut baik secara perorangan atau lembaga.

Masukan bisa disampaikan melalui email atau datang langsung ke Kantor KPU Kota Pekalongan. “Masukan dan tanggapan masyarakat kami buka mulai 23 November 2022, dan paling lambat kami terima pada 6 Desember 2022,” sambungnya.

Lebih lanjut Fajar mengatakan, masukan dan tanggapan masyarakat tersebut akan menjadi bahan bagi KPU Kota Pekalongan sebelum menetapkan rancangan usulan penataan dapil. KPU Kota Pekalongan, lanjut dia, akan menggelar uji publik pada pertengahan Desember mendatang.

“Uji publik akan diikuti sejumlah elemen masyarakat, unsur partai politik dan media massa. Dalam uji publik nanti akan disampaikan bagaimana proses yang dilakukan KPU Kota Pekalongan dalam menyusun dapil dan jumlah serta alokasi kursi DPRD Kota Pekalongan,” jelasnya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X