PPID Kota Pekalongan Lolos Uji Publik KIP

- Rabu, 23 November 2022 | 22:43 WIB
Kepala Diskominfo Kota Pekalongan Arif Karyadi dan Wakil Ketua KIP Jawa Tengah Zaenal Abidin menandatangani berita acara hasil visitasi dan verifikasi KIP Jawa Tengah dalam rangka Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022 di Ruang Buketan Setda Kota Pekalongan, Senin (21/11).
Kepala Diskominfo Kota Pekalongan Arif Karyadi dan Wakil Ketua KIP Jawa Tengah Zaenal Abidin menandatangani berita acara hasil visitasi dan verifikasi KIP Jawa Tengah dalam rangka Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022 di Ruang Buketan Setda Kota Pekalongan, Senin (21/11).

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Pekalongan lolos uji publik dalam rangka Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022 yang akan dilaksanakan Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah.

Usai dilakukan visitasi dan verifikasi dari KIP Jawa Tengah, PPID Kota Pekalongan memperoleh nilai yang sangat memuaskan, yakni 95,40.

Pranata Hubungan Masyarakat Muda Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan, Ahdy Eko Apriharso mengatakan, penilaian Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik terbagi menjadi empat tahapan.

Penilaian yang dilakukan KIP Jawa tengah mmulai dari website dan media sosial PPID yang dikelola, dilanjutkan penilaian Self Assessment Questionnairre (SAQ) yang diisi secara online melalui website KIP. 

“Alhamdulillah, pada tahap 1 dan 2, PPID Kota Pekalongan mendapatkan nilai rata-rata 83,85. Sehingga bisa lolos pada tahap tiga, yakni visitasi KIP Jawa Tengah ke Kota Pekalongan pada 21 November,” terang Ahdy, Rabu (23/11).

Dijelaskan dia, pada visitasi tersebut, KIP Jawa Tengah menilai presentasi dari PPID dan verifikasi dokumen. Tim KIP Jawa Tengah diterima Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih di Ruang Buketan Setda Kota Pekalongan, Senin (21/11). Sedangkan presentasi disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan Arif Karyadi selaku Ketua PPID Kota Pekalongan.

“Pada tahap 3 ini, PPID Kota Pekalongan mendapat nilai yang bagus, yakni 95,40,” sambungnya.

Lebih lanjut Ahdy menjelaskan, pada tahap 3 visitasi tim KIP Jawa Tengah, presentasi dari PPID Kota Pekalongan mendapatkan nilai sebesar 99.

Selain itu, informasi berkala yang disampaikan oleh PPID Kota Pekalongan mendapatkan nilai 98, aspek daftar informasi publik (DIP) memeroleh nilai 100. Sedangkan daftar informasi dikecualikan mendapatkan nilai 80, dan aspek terakhir, pengadaan barang dan jasa meraih nilai 100.

“Sehingga secara rata-rata, pada tahap 3 ini PPID Kota Pekalongan mendapatkan nilai 95,40. Dengan perolehan nilai tersebut, PPID Kota Pekalongan dinyatakan lolos tahap empat, yaitu uji publik yang akan dilaksanakan pada Bulan Desember mendatang di Semarang,” paparnya.

Nantinya, uji publik akan dipaparkan oleh Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid. Untuk persiapannya, pihaknya akan meningkatkan koordinasi dengan para PPID pelaksana di semua OPD Pemkot Pekalongan. Harapannya, PPID Kota Pekalongan bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik yang sangat signifikan pada tahun ini.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X