Bantu Pelaku UMKM di Masa PPKM, Bupati Tegal Luncurkan Gerakan Nglarisi Jajan Wonge Dewek

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 15:15 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah meluncurkan Gerakan Nglarisi Jajan Wonge Dewek di aula Dinas Perdagangan, Koperasi danUKM Kabupaten Tegal, Rabu (3/8). Bupati memborong aneka jajanan buatan pelaku UMKM saat itu, Cessnasari
Bupati Tegal Umi Azizah meluncurkan Gerakan Nglarisi Jajan Wonge Dewek di aula Dinas Perdagangan, Koperasi danUKM Kabupaten Tegal, Rabu (3/8). Bupati memborong aneka jajanan buatan pelaku UMKM saat itu, Cessnasari

TEGAL, suaramerdeka-pantura.com - Bupati Tegal Umi Azizah dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono , Rabu (4/8) pagi hadir di Dinas Perdagangan , Koperasi dan UKM untuk mengikuti peluncuran Gerakan Nglarisi Jajan Wonge Dewek.

Keduanya memborong aneka jajanan yang diproduksi pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM) asal Kabupaten Tegal, yang pagi itu menggelar dagangannya di aula Kantor Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM.

Beberapa produk yang diborong diantaranya kue basah, kopi, roti, bawang goreng, sambal rendang, sambal kacang, sagon dan manisan.

Nglarisi Jajan Wonge Dewek merupakan terobosan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM sebagai wujud kepedulian dan bertujuan membantu pelaku UMKM , yang terkena dampak pandemi Covid-19 dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Dengan adanya pembatasan, kita tidak boleh berkerumun dan mengurangi mobilitas. Otomatis hal ini berdampak pada pelaku usaha,”tutur Umi Azizah.

Oleh karena itu, Umi mengapresiasi Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM yang membuat terobosan tersebut, disamping kegigihan pelaku UMKM untuk tetap berusaha di saat situasi sulit .

Baca Juga: Perselisihan dan Petengkaren Menjadi Pemicu Perceraian Paling Banyak di PA Kudus

Umi menyebutkan, sejak tahun 2014, Pemkab Tegal telah berupaya membantu pelaku UMKM dengan cara membuat surat edaran ke instansi, untuk menggunakan jajajan buatan warga Kabupaten Tegal saat menjamu tamu.

Pada tahun 2019, Pemkab Tegal mengingatkan kembali tentang hal itu kepada organisasi perangkat daerah (OPD), sekaligus mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal Kabupaten Tegal.

Ajakan membeli produk lokal juga digaungkan di masa pandemi Covid-19. Termasuk membantu membeli produk dari pelaku usaha di sekitar kawasan Obyek Wisata Guci yang terdampak PPKM.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

14 Camat Mendapat  Hukuman Disiplin Ringan

Jumat, 20 Agustus 2021 | 19:44 WIB
X