Pemkab Brebes Uji Coba Sistem E-Parkir di 57 Titik, Tersebar di Tiga Kecamatan Mulai Awal 2023

- Selasa, 22 November 2022 | 06:14 WIB
KAWASAN PARKIR - Salah satu kawasan parkir di Kota Brebes yang berpotensi menyumbang PAD. Mulai tahun depan, Pemkab Brebes akan melaksanakan ujicoba sistem E-parkir di beberapa titik, termasuk di Kecamatan Brebes.  (Bayu Setiawan )
KAWASAN PARKIR - Salah satu kawasan parkir di Kota Brebes yang berpotensi menyumbang PAD. Mulai tahun depan, Pemkab Brebes akan melaksanakan ujicoba sistem E-parkir di beberapa titik, termasuk di Kecamatan Brebes. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sistem Elektronik Parkir atau E-parkir akan segera diterapkan Pemkab Brebes. Bahkan, Pemkab akan melakukan uji coba penerapan sistem tersebut di sebanyak 57 titik lahan parkir yang tersebar di tiga kecamatan mulai awal tahun 2023.

Langkah itu dilakukan Pemkab Brebes dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir, sekaligus menekan terjadinya kebocoran.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Brebes, Subandi mengungkapkan, dari hasil komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub), uji coba E-parkir menjadi komitmen bersama perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah.

Baca Juga: BiLiK Pelatihan Perhotelan Kota Tegal Bantu Turunkan Angka Pengangguran

Fokusnya untuk mengoptimalkan retribusi parkir tepi jalan sekaligus penataan lahan parkir. "Untuk uji coba ini, kami akan terapkan di sebanyak 57 titik parkir yang tersebar di tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Brebes, Jatibarang dan Ketanggungan," jelasnya.

Menurut dia, terkait penerapan E-parkir itu, pihaknya juga sudah melakukan studi banding ke Kota Semarang, yang telah terlebih dahulu menerapkan sistem tersebut. Semua titik parkir yang menjadi lokasi uji coba tersebut, merupakan lahan parkir yang memanfaatkan bahu jalan.

Nantinya di area parkir tersebut skema pembayarannya non tunai. Sedangkan pelaksanaan uji coba E-parkir, sepenuhnya menjadi kewenangan Dishub. Termasuk, mekanisme pengelolaannya, tetapi untuk transaksi pembayaran retribusi langsung masuk kas daerah.

Baca Juga: Sebanyak 200 Pegawai Perumda Tirta Mulia Jalani Pembekalan

"Khusus parkir tepi jalan ini, sepenuhnya masuk retribusi sebagai sumber PAD. Sehingga, pengelolaannya diuji coba E-parkir. Ini sebagai upaya kami dalam meningkatkan PAD, sekaligus menekan terjadinya kebocoran," terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, berdasarkan evaluasi capaian retribusi parkir tepi jalan, hingga kini masih sangat rendah. Yakni, baru terealisasi Rp 1,019 miliar atau 25,45 persen dari target Rp 4 miliar.

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

6 Pelaku Pemerkosaan ABG di Brebes Diringkus

Rabu, 18 Januari 2023 | 17:51 WIB

460 Anak di Brebes Positif TBC

Rabu, 11 Januari 2023 | 23:16 WIB

Komisi IV DPRD Sidak Bangunan Sekolah Rusak

Rabu, 21 Desember 2022 | 16:40 WIB

Lord Rangga, 'Sang Pemimpin Dunia III' Tutup Usia

Jumat, 9 Desember 2022 | 03:04 WIB
X