Dilirik Investor, Namun Investasi di Kota Pekalongan Terhambat Aturan

- Selasa, 15 November 2022 | 18:33 WIB
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid membuka Bimbingan Teknis/ Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di Hotel Santika Pekalongan, Senin (15/11).
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid membuka Bimbingan Teknis/ Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di Hotel Santika Pekalongan, Senin (15/11).

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Sejumlah investor berminat berinvestasi di Kota Pekalongan. Namun, realisasi investasi di Kota Pekalongan terhambat aturan di kementerian yang berbeda-beda.

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid menegaskan, Pemkot Pekalongan tidak menghalangi investor untuk masuk ke Kota Pekalongan. Ia menyebut beberapa investor telah mencoba untuk masuk ke Kota Pekalongan, di antaranya hotel, pusat perbelanjaan (mal) dan industri.

“Kota Pekalongan masih dilirik investor. Ada beberapa yang coba masuk ke Kota Pekalongan. Kami sangat wellcome karena akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penyerapan tenaga kerja,” papanya saat membuka Bimbingan Teknis/ Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di Hotel Santika Pekalongan, Senin (15/11).

Namun, menurutnya, ada beberapa peraturan di kementerian yang menghambat realisasi di Kota Pekalongan. “Aturan di Kementerian Investasi dan ATR/BPN (Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional) berbeda-beda,” sambungnya.

Aturan yang dimaksud terkait lahan sawah yang dilindungi (LSD) yang telah ditetapkan BPN dan tidak boleh diotak-atik. Sementara lahan di Kota Pekalongan terbatas. Ada pun lahan yang masih bisa digunakan, namun terdampak banjir rob. Karena itu, Pemkot Pekalongan tengah mencari jalan keluar atas hambatan tersebut.

“Kami sudah mengomunikasikan ke kementerian agar bisa membuka jalan bagi investor masuk di Kota Pekalongan. Kalau investor sudah jelas agar diproses saja, pasti kami izinkan. Kami tidak membatasi investor masuk, apalagi Kota Pekalongan potensinya masih sangat besar,” tambahnya.

Untuk menarik investor, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP ) Kota Pekalongan telah melakukan berbagai inovasi. Di antaranya meluncurkan Sistem Aplikasi Perizinan Online Ringkas dan Ekonomis (Sakpore) yang memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan usaha.

Selain itu, penyesuaian Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diubah menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). "Mudah-mudahan semua ini membawa  dampak positif terhadap lebih banyak investor yang masuk ke Kota Pekalongan,” harapnya.

Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan Beno Heritriono menjelaskan, DPMPTSP Kota Pekalongan bersinergi dengan dinas-dinas terkait berupaya untuk menarik investor agar menanamkan modalnya di Kota Pekalongan. Meskipun Kota Pekalongan terbatas luasan wilayahnya.

"Sebetulnya sudah ada lahan yang bisa kita tawarkan ke investor. Contohnya Technopark Perikanan sebagai salah satu lahan yang sudah siap ditawarkan kepada investor dari luar Kota Pekalongan," tutur Beno.

Di sisi lain, pihaknya terus mendorong para pelaku usaha untuk lebih meningkatkan potensi-potensi usahanya. Sehingga nantinya akan lebih berdaya guna dan menyejahterakan masyarakat Kota Pekalongan.

Menurutnya, dengan digelarnya kegiatan hari itu menjadi langkah untuk mendorong para pelaku usaha agar mereka mematuhi pengawasan perizinan berbasis risiko.

"Ada aspek risiko ketika mereka memulai dan menjalankan usahanya. Bagaimana aspek kepatuhannya, termasuk meningkatkan nilai investasi atau penanaman modal di Kota Pekalongan, karena dari tahun ke tahun capaian nilai investasi di Kota Pekalongan bisa semakin meningkat lagi," paparnya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X