Data Dicoret Lantaran Nihil Formasi, PJL Geruduk DPRD Brebes Tuntut Diakomodir Masuk P3K

- Rabu, 9 November 2022 | 18:07 WIB
AUDIENSI : Para PJL KA di Brebes saat beraudiensi dengan Komisi III DPRD Brebes, untuk meminta diakomodir dalam formasi P3K. (Bayu Setiawan )
AUDIENSI : Para PJL KA di Brebes saat beraudiensi dengan Komisi III DPRD Brebes, untuk meminta diakomodir dalam formasi P3K. (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Puluhan Penjaga Jalur Lintasan (PJL) Kereta Api (KA) di Kabupaten Brebes, menggeruduk Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Rabu (9/11/2022). Dua hari sebelumnya, guru honorer di Brebes juga melakukan hal yang sama.

Mereka datang untuk meminta kejelasan nasib, agar bisa terakomodir masuk dalam formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Meski sebelumnya para PJL itu telah mengikuti pendataan untuk seleksi P3K, tetapi data mereka tercoret karena tidak adanya formasi bagi para PJL. Padahal tugas PJL sangat vital, karena menjaga jalur perlintasan KA yang menyangkut keselamatan jiwa manusia.

Puluhan petugas PJL tiba di gedung DPRD sekitar pukul 09.00, dan diterima Komisi III untuk beraudiensi. Hadir juga Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes Budhi Dharmawan beserta jajarannya.

Baca Juga: Pabrik KITB Butuh 15.000 Karyawan Lulusan SMK

Perwakilan Forum Komunikasi PJL Brebes, Siswoyo mengatakan, di Kabupaten Brebes saat ini ada sebanyak 100 personel PJL. Mereka bertugas menjaga 13 titik perlintasan KA yang sebelumnya tidak berpalang pintu. Rinciannya, tiap pos dijaga 8 personel yang diatur jadwal piket setiap harinya.

"Kami sudah mengabdi membuka tutup palang pintu perlintasan selama 12 tahun. Bahkan, dalam menjalani profesi yang penuh risiko dan bertaruh nyawa tersebut ini, kami hanya menerima honor Rp 75.000 per jadwal piket setiap harinya. Sehingga, jika diakumulasi dalam satu bulan maksimal 24-25 hari kerja," ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya bersama rekan-rekan PJL lain, datang ke DPRD untuk meminta diperhatikan agar bisa masuk P3K. Pada September lalu, para PJL memang ikut pendataan seleksi P3K.

Namun pada akhir Oktober lalu, data PJL dicoret pusar karena tidak ada formasinya. PJL masuk dalam kategori sopir, penjaga keamanan dan petugas kebersiah yang tidak masuk dalam formasi P3K.

Baca Juga: Pemkab Brebes Alokasikan Rp 20,8 M Bagi Perbaikan ruas Kretek - Kaligua

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

6 Pelaku Pemerkosaan ABG di Brebes Diringkus

Rabu, 18 Januari 2023 | 17:51 WIB

460 Anak di Brebes Positif TBC

Rabu, 11 Januari 2023 | 23:16 WIB

Komisi IV DPRD Sidak Bangunan Sekolah Rusak

Rabu, 21 Desember 2022 | 16:40 WIB

Lord Rangga, 'Sang Pemimpin Dunia III' Tutup Usia

Jumat, 9 Desember 2022 | 03:04 WIB
X