Kasus Covid-19 di Kota Pekalongan Kembali Meningkat

- Rabu, 9 November 2022 | 15:55 WIB

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Kasus Covid-19 di Kota Pekalongan kembali meningkat pada tiga minggu terakhir. Kasus harian Covid-19 di Kota Pekalongan mengalami peningkatan empat hingga lima kasus perhari.

"Tiga minggu terakhir ini, kasus Covid-19 di Kota Pekalongan meningkat. Kami bersama rumah sakit dan puskesmas sudah melapor ke Satgas Pengendalian Covid-19 dan Wali Kota Pekalongan," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Indah Kurniawati, Selasa (8/11).

Berdasarkan data corona.pekalongankota.go.id, pada hari itu tercatat ada 42 kasus. Dari jumlah kasus tersebut, 18 pasien dirawat dengan gejala sedang hingga berat. Sementara 24 lainnya bergejala ringan sehingga melakukan isolasi mandiri.

Namun, dari 42 kasus tersebut, satu orang meninggal. “Satu orang yang meninggal ini juga dikarenakan kormobitnya atau penyakit penyerta,” sambungnya.

Indah mengatakan, untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Pekalongan, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan telah meminta rumah sakit untuk menyiapkan ruang isolasi perawatan. Sementara puskesmas telah kembali mengaktifkan kegiatan testing, tracing, dan treatment.

"Harapannya, Satgas Jogo Tonggo juga aktif kembali dan turut mengampanyekan protokol kesehatan minimal 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak," terangnya.

Indah juga mendorong masyarakat Kota Pekalongan yang belum melengkapi vaksinasi Covid-19 untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19 minimal dosis ketiga atau booster. Menurut Indah, fasilitas layanan kesehatan di Kota Pekalongan telah membuka layanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang akan melengkapi vaksinasi tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan RSUD Bendan, dokter Difayana mengatakan, pada Senin (7/11) tercatat ada sepuluh pasien Covid-19 dirawat di ruang isolasi RSUD Bendan Kota Pekalongan. Mereka mengalami gejala ringan dan tidak mengalami gangguan pernafasan atau gangguan lainnya.

"Meskipun kasusnya meningkat, namun tidak separah dulu. Sepuluh pasien yang tengah dirawat di ruang isolasi datang ke RSUD Bendan bukan karena keluhan Covid-19, namun keluhan kormobit. Setelah dirapid antigen, ternyata positif Covid-19," terangnya.

Ia berharap, jumlah pasien Covid-19 tidak bertambah. Untuk mencegahnya, ia mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X