164 Karateka Ikuti Gashuku dan Ujian Dan Nasional

- Senin, 7 November 2022 | 16:57 WIB
UJIAN DAN: Karateka dari berbagai daerah mengikuti  Gashuku dan Ujian DAN Nasional Wilayah Tengah Karate-Do Gojukai Indonesia di Gor Indoor Abirawa Kabupaten Batang, 4 - 6 November 2022.  (Trisno Suhito )
UJIAN DAN: Karateka dari berbagai daerah mengikuti Gashuku dan Ujian DAN Nasional Wilayah Tengah Karate-Do Gojukai Indonesia di Gor Indoor Abirawa Kabupaten Batang, 4 - 6 November 2022. (Trisno Suhito )

BATANG- Sebanyak 164 karateka mengikuti Gashuku dan Ujian DAN Nasional Wilayah Tengah Karate-Do Gojukai Indonesia. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada tanggal 4 hingga 6 November 2022 dan diikuti karateka dari Jakarta sampai Bali.

Gojukai Kabupaten Batang sendiri menjadi tuan rumah untuk Gashuku dan Ujian DAN Nasional ini, dipusatkan di Gor Indoor Abirawa Kabupaten Batang, Sabtu (5/11). Sekjen PB Gojukai Indonesia Hartono mengatakan, ada beberapa tahapan dalam kegiatan yang digelar.

'' Di hari pertama mereka melaksanakan Gashuku untuk menyamakan gerakan teknik yang telah distandarkan sebagai ujian DAN Nasional. Jadi materi latihan sudah diberikan hari ini full agar para karateka yang ikut ujian DAN Nasional besok sudah memahami teknik yang akan dinilai,'' ujarnya.

Hartono menjelaskan, tahun ini peserta ada 164 karateka yang ikut. Sebetulnya kemarin itu akan ada banyak yang mendaftar, karena situasinya masih pandemi akhirnya pada mengurungkan niatnya hadir kesini. Dirinya menambahkan, pada hari yang sama, Gashuku ini dilaksanakan di Palembang untuk Gashuku Wilayah Barat dan Makasar untuk Wilayah Timur. Tujuan dilakukannya Gashuku dan Ujian DAN Nasional agar karateka yang bersabuk hitam lebih meningkat, karena disini masih banyak yang memakai sabuk cokelat.

'' Karena itu, pembinaan utama Gojukai Indonesia adalah karateka-karateka yang mengikuti ujian nasional. Ini merupakan langkah awal mereka masuk gerbang untuk membangun organisasi dan sekaligus pengembangan pelatih karate di daerah seperti di Kabupaten Batang,'' tuturnya.

Hartono menjelaskan, di wilayah Kabupaten Batang masih banyak karateka yang bersabuk cokelat dan potensi umurnya masih muda-muda. Untuk itu, targetnya karateka Kabupaten Batang banyak yang lulus pada ujian DAN Nasional yang digelar

'' Ke depan diharapkan bisa membangun bibit muda unggulan karateka di daerah semakin banyak. Apalagi Kabupaten Batang berkembang. Grafiknya terus menajak meskipun kemarin gagal melihatkan prestasi di Pra Porprov Jateng,'' terangnya.

Ia juga menyampaikan, tinggal pendanaan saja dari KONI Kabupaten Batang yang lebih maksimal. Tidak ada prestasi yang instan harus ada persiapan 6 bulan untuk meraih prestasi yang gemilang. Pada Gashuku dan Ujian DAN Nasional Wilayah Jateng ada yang unik, tercatat peserta termuda mengikuti ujian berumur 15 tahun dan ada anak 9 tahun yang ikut Gashuku bersama guru-gurunya.

'' Gashuku dan Ujian DAN Nasional sendiri minimal harus berumur 14 tahun baru bisa mengikuti ujian DAN Nasional yang merupakan prosedur dari perguruan Gojukai Indonesia,'' katanya.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Jaga Lingkungan, Siswa Diajak Kelola Sampah

Minggu, 22 Januari 2023 | 17:17 WIB

Tiga Kali Lelang, BTP Sepi Peminat

Kamis, 19 Januari 2023 | 20:29 WIB

Bulan Dana PMI Raih Rp 1,46 Miliar

Minggu, 1 Januari 2023 | 17:41 WIB

Pelaku Ekonomi Kreatif Diminta Lakukan Terobosan

Minggu, 1 Januari 2023 | 17:38 WIB

Pj Bupati Batang dan Forkompimda Sambangi Malam Natal

Minggu, 25 Desember 2022 | 22:58 WIB

PMI dan PGRI Lakukan Bedah RTLH

Selasa, 29 November 2022 | 17:01 WIB

Alot, Pembahasan UMK Batang Belum Ada Kesepakatan

Rabu, 23 November 2022 | 18:00 WIB

Vaksin Booster Diburu Pekerja Luar Daerah

Selasa, 22 November 2022 | 17:19 WIB

Ada Kawasan Industri, Sampah Harus Terkelola

Selasa, 22 November 2022 | 17:17 WIB
X