15 Kelompok Teater Ikuti Festival Drama Pelajar

- Minggu, 6 November 2022 | 17:28 WIB
PEMENTASAN: Peserta  Festival Drama Pelajar (FDP) Tahun 2022 sedang melakukan pementasan teater di  Ballroom Hotel Dewi Ratih, Kabupaten Batang. (Trisno Suhito )
PEMENTASAN: Peserta Festival Drama Pelajar (FDP) Tahun 2022 sedang melakukan pementasan teater di Ballroom Hotel Dewi Ratih, Kabupaten Batang. (Trisno Suhito )

BATANG- Setelah dua tahun vakum, Festival Drama Pelajar (FDP) di Kabupaten Batang kembali digelar. FDP Tahun 2022 ini mengusung tema '' Menumbuhkan Nilai Karakter Melalui Seni Pertunjukan Teater '' dan digelar di ball room Hotel Dewi Ratih.

Ketua panitia FDP Ifan Arif Mubarok mengatakan, FDP digelar dengan beberapa rangkaian agenda untuk melahirkan bibit-bibit pelaku seni teater muda yang berkarakter. FDP tahun ini berbeda dari yang pernah digelar beberapa tahun lalu. Tak ingin hanya sekadar mementaskan sebuah pertunjukan, FDP diawali dengan sayembara penulisan naskah untuk menunjukkan eksistensi para penulis di Batang.

'' Setelah itu dilanjut dengan workshop teater yang bertujuan agar pelajar mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam FDP atau hanya diterapkan sebagai sebuah pengalaman,'' katanya, Minggu (3/11).

Dirinya mengatakan, setelah pementasan usai, nantinya akan ada regenerasi pelaku seni pertunjukan teater dari alumni alumni FDP. Mereka yang tertarik bisa bergabung untuk terus berproses, salah satunya mementaskan pertunjukan secara kolaborasi. Ia menerangkan, FDP tahun ini para peserta disodori 10 naskah. Namun naskah berjudul “Kamit” dan '' Wek Wek'' yang paling banyak diminati untuk dipentaskan.

'' Naskah Wek Wek menceritakan sebuah drama komedi yang mengusung isu sosial dalam kemasan menyegarkan. Sementara naskah Kamit menceritakan masalah sosial seputar keresahan warga yang mengharuskan memberi balasan tetangga saat menggelar hajatan,'' katanya.

Ifan menuturkan, seni pertunjukan teater itu bukan sebuah paksaan. Tetapi cukup membutuhkan sentuhan agar dikenal lebih dekat. Keputusan akhirnya kita kembalikan kepada anak itu apakah tertarik mendalami atau hanya sekadar tahu saja.

FDP yang diinisiasi oleh Komite Teater di bawah naungan Dewan Kesenian Daerah Batang ini diikuti 15 kelompok teater dari jenjang SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA sederajat. Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufik mengapresiasi digelarnya kembali event yang dua tahun sempat tertunda. Dirinya mengungkapkan, semua menyadari di kala pandemi seluruh sektor diharuskan istirahat, termasuk panggung teater. Bersyukur kondisi mulai membaik dan para pelaku seni teater bisa kembali berekspresi.

'' Event FDP tahun ini lebih baik dari beberapa tahun lalu karena digarap dengan agenda yang beruntun hingga nanti menghasilkan bibit baru pelaku seni pertunjukan teater. FDP kali ini menarik karena ada kolaborasi dalam suatu pementasan antara pelajar dengan ustadz dari madrasah diniyah,'' katanya.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Jaga Lingkungan, Siswa Diajak Kelola Sampah

Minggu, 22 Januari 2023 | 17:17 WIB

Tiga Kali Lelang, BTP Sepi Peminat

Kamis, 19 Januari 2023 | 20:29 WIB

Bulan Dana PMI Raih Rp 1,46 Miliar

Minggu, 1 Januari 2023 | 17:41 WIB

Pelaku Ekonomi Kreatif Diminta Lakukan Terobosan

Minggu, 1 Januari 2023 | 17:38 WIB

Pj Bupati Batang dan Forkompimda Sambangi Malam Natal

Minggu, 25 Desember 2022 | 22:58 WIB

PMI dan PGRI Lakukan Bedah RTLH

Selasa, 29 November 2022 | 17:01 WIB

Alot, Pembahasan UMK Batang Belum Ada Kesepakatan

Rabu, 23 November 2022 | 18:00 WIB

Vaksin Booster Diburu Pekerja Luar Daerah

Selasa, 22 November 2022 | 17:19 WIB

Ada Kawasan Industri, Sampah Harus Terkelola

Selasa, 22 November 2022 | 17:17 WIB
X