Panggil Kepala Dinkes dan Kepala Puskesmas, Komisi IV DPRD Klarifikasi Kasus Puskesmas Tonjong

- Senin, 31 Oktober 2022 | 16:39 WIB
KLARIFIKASI : Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes saat melaksanakan rapat dengar pendapat untuk meminta klarifikasi terkait permasalahan yang terjadi di Puskesmas Tonjong (Bayu Setiawan )
KLARIFIKASI : Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes saat melaksanakan rapat dengar pendapat untuk meminta klarifikasi terkait permasalahan yang terjadi di Puskesmas Tonjong (Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes melakukan klarifikasi terhadap kasus yang terjadi di Puskesmas Tonjong. Klarifikasi melalui rapat dengar pendapat itu, dilakukan dengan memanggil Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati, dan Kepala Puskesmas (Kapus) Tonjong Sri Mulyani, Senin (31/10/2022).

Klarifikasi dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Tri Murdiningsih, dan bersifat secara tertutup di ruang Komisi IV DPRD Brebes. Rapat klarifikasi yang juga dihadiri 6 anggota Komisi IV DPRD lainnya tersebut, berlangsung sekitar dua jam.

"Kita, Komisi IV hanya klarifikasi saja, karena kemarin ada pengaduan dari karyawan Puskesmas Tonjong. Hari ini kita undang Kepala Dinas Kesehatan Brebes dan Kepala Puskesmas Tonjong untuk diminta klarifikasi terkait permasalahan yang terjadi," ungkap Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Tri Murdiningsih usai memimpin klarifikasi.

Baca Juga: Sebanyak 911 Pelajar Mengikuti Lomba Mapsi

Dia mengatakan, Komisi IV sebagai alat kelengkapan DPRD melakukan klarifikasi permasalahan tersebut, karena berkaitan tugas dan fungsi DPRD untuk pengawasan, legislasi dan bugetting. Dari hasil klarifikasi tersebut, persoalan yang terjadi di Puskesmas Tonjong kini sudah ada titik temu.

Bahkan, Kadinkes akan mempertemukan antara Kapus dengan para karyawan yang melakukan mosi tidak percaya. Jumlah karyawan sesuai tandatangan dalam berkas mosi tidak percaya itu sebanyak 27 orang.

"Ini menunjukkan ada perkembangan positif dalam penyelesaian permasalahan di Puskemas Tonjong ini. Permasalahan ini juga diselesaikan secara internal dengan melibatkan dinas kesehatan," tandasnya.

Baca Juga: Rizal Bawazier Terkesima dan Kagum dengan Perayaan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW di Kanzus Sholawat

Lebih lanjut dia mengatakan, lembaganya meminta kepada seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Brebes untuk lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Ketika muncul permasalahan seperti yang terjadi di Puskesmas Tonjong, jelas akan mempengaruhi pelayanan.

"Kami minta para kepala puskesmas lebih mengutamakan pelayanan," tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati menjelaskan, pihaknya bersama Kepala Puskesmas Tonjong menghadiri undangan Komisi IV DPRD untuk rapat klarifikasi terkait permasalahan di Puskesmas Tonjong. Kapus Tonjong sudah menjelaskan secara detail terkait persoalan yang terjadi tersebut.

Pihaknya dalam klarifikasi juga menjelaskan kepada Komisi IV langkah-langah yang telah diambil dinas kesehatan.

"Intinya, Komisi IV dalam klarifikasi ini sudah memahami permasalahan di internal Puskesmas Tonjong," jelasnya di dampingi Kapus Tonjong, Sri Mulyani.

Baca Juga: Malam Regsosek, 15 Orang Gelandangan Berhasil Didata

Menurut dia, klarifikasi yang dilakukan Komisi IV itu merupakan bagian kontrol dan pengawasan terhadap tugas dan fungsi lembaga DPRD.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

6 Pelaku Pemerkosaan ABG di Brebes Diringkus

Rabu, 18 Januari 2023 | 17:51 WIB

460 Anak di Brebes Positif TBC

Rabu, 11 Januari 2023 | 23:16 WIB

Komisi IV DPRD Sidak Bangunan Sekolah Rusak

Rabu, 21 Desember 2022 | 16:40 WIB

Lord Rangga, 'Sang Pemimpin Dunia III' Tutup Usia

Jumat, 9 Desember 2022 | 03:04 WIB
X