Kantor BI Tegal Suport Pasar Murah di Kabupaten Pekalongan

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 14:58 WIB
FOTO BERSAMA : Sekda Kabupaten Pekalongan berfoto bersama penerima kupon operasi pasar murah, perwakilan Kantor BI Tegal dan pendukung lainnya serta Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Jumat (28/10). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Achid Nugroho)
FOTO BERSAMA : Sekda Kabupaten Pekalongan berfoto bersama penerima kupon operasi pasar murah, perwakilan Kantor BI Tegal dan pendukung lainnya serta Forkopimda Kabupaten Pekalongan, Jumat (28/10). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Achid Nugroho)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal menyuport kegiatan operasi pasar murah yang digelar di Taman Boulevard, kawasan alun alun, Kajen Kabupaten Pekalongan, Jumat (28/10). Dalam kegiatan tersebut, disediakan 500 paket dengan komoditas beras, minyak goreng, dan gula dengan harga yang relatif terjangkau.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, M Yulian Akbar disaksikan Kepala Unit Pelaksanaan Pengembangan UMKM Keuangan Inklusif dan Syariah mewakili Kantor BI tegal. Liana Ciptowati, perwakilan Bulog, TPID, dan Forkopimda Kabupaten Pekalongan.

Baca Juga: BI Tegal Gandeng Babinsa untuk Sosialisasikan CBP Rupiah kepada Masyarakat

Menurut Liana, saat ini situasi dunia sedang menghadapi tantangan yang sangat berat dengan adanya pandemi Covid-19 yang menimbulkan perlambatan ekonomi di berbagai sektor. Kemudian adanya Perang Rusia Ukraina sehingga situasi ekonomi dunia mengalami ketidakpastian, munculnya krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial.

Selanjutnya, tanggal 3 September 2022 Pemerintah telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam rangka merespon kenaikan harga minyak dunia yang semakin tidak terkendali yang tentu saja kondisi ini akan berpengaruh pada anggaran subsidi energi (BBM) yang akan semakin membengkak.
''Dampak kenaikan BBM dirasakan oleh masyarakat yakni adanya kenaikan harga bahan pokok dan angkutan umum,'' katanya.

Baca Juga: Komisi XI-BI Bagikan Sembako warga Terdampak Kenaikan BBM

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, inflasi di wilayah ini pada bulan September 2022 mencapai 1,19 persen dan tingkat inflasi dari tahun kalender September 2022 sebesar 5,11 persen. 6,40%. Total prosentase inflasi ini ternyata di atas Inflasi Nasional yakni 5,95 persen. Adapun pemicu inflasi di Bulan September karena kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).


Guna mengendalikan lanju inflasi, perlu adanya pengendalian inflasi pangan mengingat lonjakan inflasi dalam beberapa bulan terakhir relatif sangat tinggi. Penanganan inflasi tidak bisa dilakukan oleh hanya satu pihak, namun dibutuhkan kolaborasi berbagai elemen dan stakeholder terkait.

''Dengan kerjasaa dan sinergi yang telah terjalin dengan baik ini, kami yakin harapan kita untuk senantiasa menjaga Inflasi dapat tercapai, meningkatkan ketahanan pangan dan mendukung pemulihan ekonomi nasional,'' jelasnya.

Dalam rangka mendukung pengendalian inflasi pangan dari sisi hulu dan hilir. Kantor Perwakilan BI Tegal bersama Tim Pengendali Inflasi Kabupaten Pekalongan menggelar Operasi Pasar Murah sebagai bagian dari Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Dengan adanya pasar kegiatan tersebut diharapkan dapat menahan laju inflasi dan dapat meringankan beban Masyarakat di wilayah Kabupaten Pekalongan guna memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga relatif terjangkau.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Pekalongan, M Yulian Akbar mengucapkan terimakasih kepada Kantor Perwakilan BI Tegal, dan pihak lain yang telah menyuport kegiatan operasi pasar murah. Diakuinya, dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut masyarakatnya sangat terbantu mengingat beberapa harga kebutuhan pokok sudah banyak yang meningkat.

''Kalau bisa, kami minta kepada BI Tegal dan pihak lainnya untuk kembali menyuport kegiatan serupa di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan,'' tandasnya.

Editor: Kuswandi SM

Tags

Terkini

Anggota DPRD Kota Pekalongan Ditangkap BNN

Kamis, 2 Februari 2023 | 17:23 WIB
X