Peringati Sumpah Pemuda, Napi Dapat Slempang Kecakapan Pramuka

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 13:23 WIB
SLEMPANG KECAKAPAN: Belasan narapida Lapas Batang mendapat slempang kecakapan pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Batang dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022, Jum'at (28/10).  (Trisno Suhito)
SLEMPANG KECAKAPAN: Belasan narapida Lapas Batang mendapat slempang kecakapan pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Batang dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022, Jum'at (28/10). (Trisno Suhito)

BATANG, suaramerdeka-pantura.com- Hari Sumpah Pemuda 2022 menjadi momen indah bagi belasan warga binaan Lapas Kelas II B Batang. Pasalnya, usai mengikuti upacara hari Sumpah Pemuda 2022, Jumat (28/10), di depan halaman Lapas Batang, narapidana yang tergabung dalam kepanduan Pramuka mendapatkan selempang kecakapan dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Batang.

Sebelumnya, selama tiga bulan warga binaan telah mengikuti kegiatan pelatihan berbagai kecakapan khusus kepanduan kepramukaan yang dibimbing oleh Kwartir Ranting Kecamatan Batang.

'' Selama tiga bulan mereka telah mendapatkan latihan. Kamis 27 Oktober 2022 sudah dilakukan ujian dan hari ini penyematan selempang,'' kata Kepala Lapas Kelas II B Batang Rindra Wardana, Jumat (28/10).

Ia mengatakan, upacara hari Sumpah Pemuda tahun ini melibatkan berbagai ormas kepemudaan seperti Pemuda Pancasila, Ansor dan kepemudaan Ormas Islam Muhammadiyah. Sumpah pemuda, lanjut Rindra, menjadi momentum membangun bangsa dan mengingat kembali sejarah di masa lalu.

'' Oleh karena itu, kenapa tidak lembaga lain kita ajak bareng–bareng untuk ikut upacara bersama teman–teman penghuni Lapas. Sebab, sebagian besar warga binaan juga pemuda yang akan kembali ke masyarakat,'' ujarnya.

Rindra menambahkan, warga binaan mulai dikenalkan ke masyarakat melalui kegiatan ketrampilan keahlian dan kegiatan sosial lainya. Dirinya juga menyampaikan, kegiatan warga binaan sudah banyak yang berubah, tidak lagi seperti Lapas Rutan zaman terdahulu. Tidak hanya upacara dalam merayakan hari Sumpah Pemuda, para warga binaan yang telah lulus kecakapan memasak, juga melakukan demo memasak untuk menunjukan keahlianya selama pelatihan.

'' Upacara hari Sumpah Pemuda menjadi acara yang kami desain untuk bisa bersinergi dan menunjukan keahlian serta ketrampilan warga binaan kepada ormas yang hadir,'' tuturnya.

Sementara itu, Siti Rohani Warga Binaan Lapas Batang menyatakan ketertarikannya ikut Pramuka karena banyak kegiatan untuk mengasah keahlian dan ketrampilan untuk bekal keluar dari Lapas.

'' Alhamdulillah saya sudah bisa membikin roti bolu, kue royal, berkebun dan pengamanan. Dan Insya Allah ini untuk bekal kami buka usaha usai keluar dari lapas,'' katanya.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Jaga Lingkungan, Siswa Diajak Kelola Sampah

Minggu, 22 Januari 2023 | 17:17 WIB

Tiga Kali Lelang, BTP Sepi Peminat

Kamis, 19 Januari 2023 | 20:29 WIB

Bulan Dana PMI Raih Rp 1,46 Miliar

Minggu, 1 Januari 2023 | 17:41 WIB

Pelaku Ekonomi Kreatif Diminta Lakukan Terobosan

Minggu, 1 Januari 2023 | 17:38 WIB

Pj Bupati Batang dan Forkompimda Sambangi Malam Natal

Minggu, 25 Desember 2022 | 22:58 WIB

PMI dan PGRI Lakukan Bedah RTLH

Selasa, 29 November 2022 | 17:01 WIB

Alot, Pembahasan UMK Batang Belum Ada Kesepakatan

Rabu, 23 November 2022 | 18:00 WIB

Vaksin Booster Diburu Pekerja Luar Daerah

Selasa, 22 November 2022 | 17:19 WIB

Ada Kawasan Industri, Sampah Harus Terkelola

Selasa, 22 November 2022 | 17:17 WIB
X