DPUPR Kota Pekalongan Targetkan Rekonstruksi Jalan WR Supratman Selesai pada Desember

- Senin, 24 Oktober 2022 | 22:27 WIB
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid bersama Kepala DPUPR Kota Pekalongan Bambang Sugiharto meninjau pekerjaan konstruksi di Jalan WR. Supratman, Senin (24/10). www.suaramerdeka-pantura.com/ Dokumen
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid bersama Kepala DPUPR Kota Pekalongan Bambang Sugiharto meninjau pekerjaan konstruksi di Jalan WR. Supratman, Senin (24/10). www.suaramerdeka-pantura.com/ Dokumen

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid melakukan monitoring pelaksanaan pekerjaan rekonstruksi Jalan WR Supratman dan pembangunan drainase di jalan tersebut, Senin (24/10).

Wali Kota mengatakan, mendekati akhir tahun, pekerjaan rekonstruksi Jalan WR Supratman berjalan lancar. “Alhamdulillah, proyek rekonstruksi Jalan WR Supratman berjalan lancar,” terangnya.

Jalan WR Supratman diperbaiki atau ditingkatkan sepanjang 631 meter dengan lebar 11 meter. Peninggian jalan pada rekonstruksi Jalan WR Supratman bervariasi, dari 30 centimeter hingga 60 centimeter karena eksisting di wilayah tersebut bergelombang. Pekerjaan rekonstruksi Jalan WR Supratman menyerap anggaran Rp4,4 milliar

Sementara itu, pekerjaan pelebaran drainase di Jalan WR Supratman juga berjalan lancar. Sehingga harapannya dapat meminimalkan dampak banjir rob di kawasan tersebut. 

“Saat ini kita mulai menghadapi musim hujan. Setelah saluran dilebarkan, aliran semakin lancar sehingga genangan cepat surut.  Sehingga dapat meminimalkan penyumbatan, terlebih meminimalkan dampak potensi banjir rob,” terangnya.

Ia berharap, upaya Pemkot Pekalongan dalam perbaikan jalan, normalisasi drainase, dan pembangunan stasiun pompa dapat meminimalkan dampak banjir dan rob di sejumlah kelurahan di Kota Pekalongan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Pekalongan, Bambang Sugiharto mengatakan, saat ini progres pelaksanaan proyek di Jalan WR Supratman masih di angka 40 persen.

Ia menargetkan semua pekerjaan selesai pada akhir tahun ini. "Proyek peninggian Jalan WR Supratman targetnya selesai pada 28 Desember,” kata dia.

Dijelaskan dia, pekerjaan konstruksi tersebut selain peninggian jalan dan drainase, juga pembangunan stasiun pompa. Menurutnya, semua proyek selesai ketika stasiun pompa jadi, pompa diinstal dan siap dioperasikan.

"Ketika stasiun pompa ini jadi, pompa akan dikirim untuk diletakkan di stasiun pompa, diinstal dan mulai dioperasikan," sambungnya. 

Stasiun pompa tersebut, lanjut dia, nantinya akan mengatasi genangan di Jalan Kusuma Bangsa sisi barat dan timur, kemudian a Jalan Kutilang. "Upaya ini dilakukan secara bertahap dan mudah-mudahan bisa menyelesaikan permasalahan banjir rob di Pekalongan Utara," harapnya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X