Perkuat Jejaring Alumni, UIN Gus Dur Pekalongan Gelar FGD

- Senin, 24 Oktober 2022 | 08:10 WIB
SAMPAIKAN MATERI : Para narasumber menyampaikan paparanya dalam Focus Group Discussion (FGD) Alumni dan Pengguna Alumni UIN Gus Dur Pekalongan di Hotel Khas Pekalongan, Kamis 20 Oktober 2022. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)
SAMPAIKAN MATERI : Para narasumber menyampaikan paparanya dalam Focus Group Discussion (FGD) Alumni dan Pengguna Alumni UIN Gus Dur Pekalongan di Hotel Khas Pekalongan, Kamis 20 Oktober 2022. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Bertajuk “Optimalisasi Peran Alumni sebagai Salah Satu Pilar Pengembangan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menjadi Perguruan Tinggi Bereputasi Unggul”, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan gelar Focus Group Discussion Alumni dan Pengguna Alumni di Ballroom Hotel Khas Pekalongan, Kamis, 20 Oktober 2022.

Acara dihadiri 150 alumni dan pengguna alumni UIN Gus Dur Pekalongan serta dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Dr. Muhlisin, M.Ag. Dalam sambutannya Muhlisin menyampaikan, melalui Focus Grup Discussion dapat menjadi sarana menjalin silaturahim dan memperluas jejaring baik antar sesama alumni maupun dengan para pihak pengguna alumni UIN Gus Dur Pekalongan.

Baca Juga: Terima Delegasi Pemda Kaimana Papua, UIN Gus Dur Komitmen Tingkatkan Kerjasama

“Back up data alumni penting untuk masa depan UIN Gus Dur Pekalongan. Selain itu, pihak pengguna alumni merupakan pihak yang dapat memberikan masukan yang baik terkait kompetensi lulusan UIN mendatang dalam mengarungi dunia kerja,” tutur Muhlisin. Ia berharap ke depan peran alumni UIN Gus Dur makin meningkat dan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan UIN Gus Dur.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Alumni UIN Gus Dur Dr. H. Sam’ani, M.Ag., menuturkan, forum pertemuan antar alumni lintas generasi ini menjadi agenda tahunan yang dirindukan, karena selama pandemi acara tersebut vakum. “sebagai alumni tentu rasa memiliki terhadap lembaga pendidikan tempat kita menggali ilmu perlu terus dipupuk sehingga memantik semangat berbagi dan haus akan inovasi-inovasi pengembangan terhadap Perguruan Tinggi,” tutur Sam’ani.

Baca Juga: Launching Hari Santri 2022 Berlangsung Meriah, Digelar di UIN Gus Dur Pekalongan

Acara Focus Grup Discussion dirangkai dengan sesi diskusi panel yang mendatangkan narasumber yang berasal dari alumni dan pengguna alumni UIN Gus Dur Pekalongan, di antaranya: Tim Asistensi Menteri Tenaga Kerja RI sekaligus Alumni UIN Gus Dur Pekalongan Khizanatur Rohmah, S.Ag, M.Si., Alumni UIN Gus Dur Pekalongan Abdul Basit, S.Ag., dan Kepala Kantor Cabang BSI Pekalongan Pemuda Maryono.

Dalam sesi diskusi, Khizanatur Rohmah, S.Ag, M.Si., menyampaikan materi terkait pengalaman empiris dan kesiapan alumni dalam persaingan dunia kerja. “Berjejaring ini sangat penting guna mengembangkan jangkauan karir. Menjadi alumni UIN Gus Dur tentunya adalah suatu kebanggaan di mana kita harus membuktikan dan mengambil setiap peluang yang ada, bukan berarti kita yang berasal dari kota kecil seperti Pekalongan tidak dapat meraih mimpi besar,” papar Khizana.

Sementara dalam paparannya, Abdul Basit, S.Ag., menyampaikan strategi membangun Jejaring Organisasi Alumni yang bereputasi sebagai pilar perguruan tinggi yang unggul dimanapun dan kapanpun. “Jangan puas hanya mendapatkan materi di kelas saja, berorganisasi khususnya ekstra kampus apapun itu, asal tidak melanggar aturan yang ada, dapat menjadi jembatan yang baik dalam merangkai langkah-langkah masa depan yang cemerlang,” pungkas Abdul.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Anggota DPRD Kota Pekalongan Ditangkap BNN

Kamis, 2 Februari 2023 | 17:23 WIB
X