Mahasiswa KKN Undip Ajari Pelaku UMKM tentang Digital Marketing

- Jumat, 30 Juli 2021 | 20:16 WIB
MEMBERIKAN PELATIHAN: Dian Ratih Tujiyanti, mahasiswi Undip yang melakukan KKN di Kabupaten Batang memberikan edukasi tentang digital marketing kepada salah seorang pelaku UMKM di Desa Kalisalak, Kecamatan Batang. (SM/ dok) (Isnawati)
MEMBERIKAN PELATIHAN: Dian Ratih Tujiyanti, mahasiswi Undip yang melakukan KKN di Kabupaten Batang memberikan edukasi tentang digital marketing kepada salah seorang pelaku UMKM di Desa Kalisalak, Kecamatan Batang. (SM/ dok) (Isnawati)

BATANG, suaramerdeka-pantura.com - Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Batang mengedukasi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) tentang digital marketing.

Digital marketing diperkenalkan kepada pelaku UMKM sebagai strategi dalam membangun bisnis online pada masa pandemi Covid-19.

Dian Ratih Tujiyanti, mahasiswi Undip yang melaksanakan KKN di Kabupaten Batang itu mengatakan, UMKM merupakan salah satu dari empat sektor yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Polres Pekalongan Kota Grlar Do'a Yassin Tahlil Bersama Secara Virtual

Namun, berdasarkan survei yang dilakukannya di Desa Kalisalak, Kecamatan Batang, masih banyak pelaku UMKM yang belum melek soal penggunaan media sosial sebagai sarana bisnis.

“Padahal, media sosial dapat digunakan untuk memasarkan produk dengan target yang sangat luas dan bisa menguntungkan pelaku UMKM,” kata mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip ini, Jumat (30/7/2021).

Hal itulah yang mendorongnya untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM di Desa Kalisalak tentang digital marketing. Edukasi dikemas dalam sosialisasi secara tatap muka dan melalui whatsapp group.

Baca Juga: Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Tenaga Wiyata Bakti PAUD Dievaluasi Virtual

Tercatat ada 20 orang pelaku UMKM dan masyarakat umum di Desa Kalisalak yang diberi edukasi tentang digital marketing.

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, Dian mendatangi mereka door to door untuk menyosialisasikan digital marketing. Dian memaparkan manfaat media sosial, jenis-jenis media sosial, kemudian mengidentifikasi jenis usaha yang dijalankan pelaku UMKM tersebut.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Kantor UPP Batang Gelar Program Padat Karya

Senin, 13 September 2021 | 17:59 WIB

Cincin Dikembalikan, Tunangan Dibunuh

Rabu, 8 September 2021 | 18:30 WIB

Bangga Buatan Indonesia, Wujud Ketangguhan Bangsa

Selasa, 17 Agustus 2021 | 18:01 WIB

Terpopuler

X