BPJamsostek-BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan Integrasikan Data Peserta

- Kamis, 29 Juli 2021 | 14:57 WIB
Petugas customer service BPJamsostek Cabang Pekalongan memberikan pelayanan secara online kepada peserta, foto/ Isnawati
Petugas customer service BPJamsostek Cabang Pekalongan memberikan pelayanan secara online kepada peserta, foto/ Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Pekalongan dan BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan akan mengintegrasikan data kepesertaan.

Integrasi data ini merupakan bagian dari pelaksanaan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJamsostek Cabang Pekalongan, Budi Jatmiko menjelaskan, kerja sama integrasi data tersebut untuk meningkatkan kualitas layanan jaminan sosial pada peserta.

“Sebab,  pelaksanaan JKP oleh BPJS Ketenagakerjaan juga bersinggungan dengan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan,” terang Budi Jatmiko, Kamis (29/7).

Budi Jatmiko memaparkan, ruang lingkup kerja sama antara BPJamsostek dan BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan nantinya meliputi pemanfaatan data administrasi kependudukan (adminduk).

Baca Juga: Fokus Vaksin Covid, Imunisasi Bayi Terabaikan

Selain itu, integrasi data kepesertaan masing-masing institusi BPJS untuk program JKP dan pemanfaatan data kepesertaan untuk program jaminan sosial.

Menurut Budi Jatmiko, kedua lembaga akan menggunakan basis data melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK ini didapatkan dengan mengakses  data yang dimiliki oleh Adminduk.

"Masyarakat tidak perlu khawatir terkait penggunaan data NIK karena transaksi data yang dilakukan ini dijamin keamanannya sesuai perundang-undangan,” sambungnya.

Lebih lanjut Budi Jatmiko mengatakan, BPJamsostek memiliki hak dan kewajiban yang mengikat untuk berlangsungnya layanan yang optimal kepada peserta, begitu pula dengan BPJS Kesehatan.

Halaman:

Editor: Agus Setiawan

Tags

Terkini

YARS Ingin Buat Marketplace untuk Alumni

Senin, 30 Agustus 2021 | 12:28 WIB

Media Berperan Penting dalam Penanggulangan Bencana

Jumat, 27 Agustus 2021 | 21:22 WIB

1.500 Anggota Koperasi Jalani Vaksinasi Covid-19

Kamis, 26 Agustus 2021 | 16:02 WIB

Antisipasi Pohon Tumbang, DLH Pangkas Ranting Pohon

Selasa, 24 Agustus 2021 | 16:19 WIB

Ormas Baurekso dan Mifa Bagikan 6.000 Paket Sembako

Selasa, 24 Agustus 2021 | 02:48 WIB

R Soeprapto Diusulkan Gelar Pahlawan Nasional

Minggu, 22 Agustus 2021 | 16:12 WIB

Terpopuler

X