Berlari Sembari Kenalkan Tempat Bersejarah, Pekalongan Heritage Run 2022

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:27 WIB
SERAHKAN HADIAH : Ketua pelaksana Pekalongan Heritage Run 2022, Agung Satria Hermawan, didampingi Putri Indonesia Jawa Tengah 2022 Catherine Widya Putri Stumer, menyerahkan hadiah kepada para juara Pekalongan Heritage Run 2022, Minggu (2/10). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi)
SERAHKAN HADIAH : Ketua pelaksana Pekalongan Heritage Run 2022, Agung Satria Hermawan, didampingi Putri Indonesia Jawa Tengah 2022 Catherine Widya Putri Stumer, menyerahkan hadiah kepada para juara Pekalongan Heritage Run 2022, Minggu (2/10). Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Kuswandi)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Pada momen peringatan Hari Batik Nasional (HBN) ini para runners dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Pekalongan Heritage Run 2022 di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan, Minggu (2/10). Sebanyak 247 peserta lari menelusuri tempat-tempat bersejarah di Kota Pekalongan. Start lari dilepas oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid.

Walikota mengaku senang dengan event Pekalongan Heritage Run ini, peserta dari berbagai daerah banyak yang ikut. "Alhamdulillah luar biasa pesertanya, selain dari Jawa Tengah banyak juga yang dari Jawa Timur dan DKI Jakarta. Bahkan ada peserta dari Korea yang ikut meramaikan acara ini," terang Walikota Aaf.

Aaf berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar serta menjadi event tahunan untuk mengenalkan potensi Kota Pekalongan. Pekalongan Heritage Run ini peminatnya banyak hampir 250 peserta, bahkan ada peserta yang usianya 68 tahun. "Luar biasa antusias mereka dan harapannya mereka menjadi semakin sehat," kata Aaf.

Sementara, Ketua Panitia Pekalongan Heritage Run 2022, Agung Satria Hermawan menyatakan, melalui kegiatan ini tak hanya lari semata, dikenalkan pula tempat-tempat bersejarah di Kota Pekalongan, bahkan para peserta diajak menikmati kuliner khas Pekalongan.

"Banyak tempat-tempat bersejarah di Kota Pekalongan. Misalnya gedung kantor pos, musem batik, gereja, eks karisidenan Pekalongan. Jadi, tidak hanya lari, sekaligus memperkenalkan tempat-tempat heritage, maupun wisatanya," terang Agung, yang juga Anggota DPRD Jawa Tengah itu.

Terkait jumlah peserta, Agung yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pekalongan itu menjelaskan ada 247 peserta yang ikut dalam Pekalongan Heritage Run 2022 ini, 50% dari luar daerah, seperti Magelang, Solo, Surabaya, Bekasi, "Lomba ini ada tiga kategori yakni 10 K, 5 K, dan 2,5 K," katanya. Dalam event itu, memperebutkan puluhan juta rupiah, termasuk berbagai hadiah lainnya.

Sementara itu, menurut salah seorang peserta yang merupakan finisher pertama kategori 5K, Bianadi Saputro dari Ambarawa, Pekalongan Heritage Run 2022 ini mantap. "Pekalongan wonderfull," katanya. Dalam event itu, melibatkankan pula unsur Ormas 234 Solidarity Community (SC) Kota Pekalongan, Baguna dan Satgas DPC PDI Perjuangan Kota Pekalongan, sehingga event berlangsung tertib dan lancar. 

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

PPID Kota Pekalongan Lolos Uji Publik KIP

Rabu, 23 November 2022 | 22:43 WIB
X