Pemkab Mendukung agar Batik Tetap Lestari

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:21 WIB
Konser amal digelar saat peringatan Hari Batik Nasional di CFD Alun-alun Pemalang.www.suaramerdeka.com (Ali Basarah)
Konser amal digelar saat peringatan Hari Batik Nasional di CFD Alun-alun Pemalang.www.suaramerdeka.com (Ali Basarah)


PEMALANG, suaramerdeka-pantura.com - Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober dimanfaatkan warga Pemalang untuk melestarikan warisan budaya tersebut. Melalui kegiatan Car Free Day (CFD) di Alun-alun Pemalang serangkaian acara digelar untuk memeriahkan hari batik nasional.

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat menghadiri CFD bersama keluarganya mengajak kepada masyarakat untuk melestarikan Batik sebagai salah satu kekayaan bangsa Indonesia.

"Mari kita lestarikan salah satu budaya atau kekayaan bangsa Indonesia, salah satu kekayaan bangsa Indonesia adalah Batik, mari kita pakai Batik untuk melestarikan budaya asli dari Indonesia," ajaknya.

Menurut Mansur, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pemalang diwajibkan memakai batik khas Pemalangan di hari Rabu dan Kamis sebagai bentuk melestarikan batik Pemalang.

"Sudah dicontohkan di kabupaten Pemalang ASN/PNS memakai batik Pemalang selama dua hari, Rabu dan Kamis artinya biar kita sama-sama mengenakan dan melestarikan batik Pemalang,"ujarnya.

 Sementara itu Pemilik Batik Arta Kencana Pemalang Fatwa Diana Widi yang menjadi nasarumber dalam peringatan Hari Batik Nasional CFD mengatakan batik adalah warisan budaya tak benda dari Indonesia yang telah di akui oleh UNESCO.

 "Ini tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik yang sudah di akui oleh UNESCO bahwa batik adalah warisan budaya tak benda dari Indonesia,"kata dia.

 Untuk memeriahkan acara CFD yang didukung oleh Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Swara Widuri Diskominfo itu mementaskan Bahana Band Pemalang. Dalam kegiatan disana juga dirangkai dengan konser amal penggalangan dana untuk anak yatim piatu di Kabupaten Pemalang.

Editor: Nur Khoerudin

Sumber: Diskominfo Pemalang

Tags

Terkini

Rp 2,3 Miliar Revitalisasi Pasar Belik

Selasa, 29 November 2022 | 21:21 WIB

PMI dan PGRI Lakukan Bedah RTLH

Selasa, 29 November 2022 | 17:01 WIB

Polres Pemalang Kirim Bantuan Logistik ke Cianjur

Senin, 28 November 2022 | 15:26 WIB

Rumah Pompa Permudah Pengairan 40 Hektar Sawah

Sabtu, 26 November 2022 | 16:40 WIB

Polres Pemalang Kirim Bantuan Korban Bencana Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 16:48 WIB

Menghapus Desa Blankspot, Membangun Desa Digita

Jumat, 25 November 2022 | 07:42 WIB
X