456 Petugas Pendataan Regsosek BPS Kota Pekalongan Dilindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

- Kamis, 29 September 2022 | 11:24 WIB
MENUNJUKKAN: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan Farah Diana dan Kepala BPS Kota Pekalongan Rahyudin menandatangani perjanjian kerja sama di Kantor BPS Kota Pekalongan, Rabu (29/9). Foto: suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati
MENUNJUKKAN: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan Farah Diana dan Kepala BPS Kota Pekalongan Rahyudin menandatangani perjanjian kerja sama di Kantor BPS Kota Pekalongan, Rabu (29/9). Foto: suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Pekalongan menandatangani perjanjian kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan.

Dengan perjanjian kerja sama tersebut, sebanyak 456 petugas pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) BPS Kota Pekalongan akan dilindungi program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan Farah Diana menjelaskan, para petugas awal pendataan regsosek tersebut mendapat perlindungan dua program BPJS Ketenagakerjaan. “Yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” terang Farah usai penandatanganan perjanjian kerja sama di BPS Kota Pekalongan, Rabu (28/9).

Mereka akan mendapatkan perlindungan selama dua bulan mulai Oktober hingga November nanti. JKK memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Sedangkan program JKM memberikan manfaat berupa uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia saat kepesertaan aktif bukan akibat kecelakaan kerja.

Di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan, BPS Kota Pekalongan menjadi yang pertama menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada petugas awal pendataan regsosek. Menurut Farah, setelah BPS  Kota Pekalongan, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan BPS Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepala BPS lainnya. Nantinya, seluruh petugas awal pendataan regsosek BPS akan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Di empat wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan, total ada sekitar 5200 petugas awal pendataan regsosek yang akan dilindungi program BPJS Ketenagakerjaan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Pekalongan Rahyudin mengatakan, 456 petugas pendataan awal regsosek akan mulai melakukan pendataan pada 15 Oktober. "Nantinya, satu petugas akan mendatangi 250 rumah," jelasnya.

Pendataan Regsosek merupakan pendataan kesejahteraan sosial ekonomi bagi seluruh penduduk sebagai salah satu strategi pelaksanaan reformasi sistem perlindungan sosial.

Halaman:

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

PPID Kota Pekalongan Lolos Uji Publik KIP

Rabu, 23 November 2022 | 22:43 WIB
X