KPU Kota Tegal Gelar Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan

- Rabu, 28 September 2022 | 22:44 WIB
Sejumlah anggota komisioner KPU Kota Tegal, melakukan foto bersama dengan peserta rapat koordinasi daftar pemilihan berkelanjutan (DPB) periode September 2022, Rabu (28/9/2022). (Haikal Adithya )
Sejumlah anggota komisioner KPU Kota Tegal, melakukan foto bersama dengan peserta rapat koordinasi daftar pemilihan berkelanjutan (DPB) periode September 2022, Rabu (28/9/2022). (Haikal Adithya )

TEGAL, suaramerdeka-pantura.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, menggelar rapat koordinasi daftar pemilih berkelanjutan (DPB) periode September 2022 bersama sejumlah stakeholder di RM Dapoer Tempo Doloe Seafood, Rabu (28/9/2022).

Komisioner KPU Kota Tegal, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Rendatin) Akhmad Khaerudin memaparkan, saat ini DPB Kota Bahari berada pada angka 206.388 orang.

Jumlah tersebut naik sekitar 1.768 orang dari sebelumnya sebanyak 204.620 orang. Adanya penambahan jumlah DPB periode September 2022 terjadi, setelah didapat data padanan dari pengecekan data pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat dengan Data Pemilih Tetap (DPT).

Baca Juga: 2.416 KPM Terima BLT DBHCHT, Bupati Tegal: Manfaatkan Sebaik Mungkin

"Setelah dicek di SIAK ada dan DPT belum ada, maka kami masukkan. Jadi jumlah DPB September bertambah. Termasuk adanya data pemilih baru dan pemilih pindah yang belum tersinkronisasi dari bulan-bulan sebelumnya," jelas Khaerudin.

Tak hanya itu, KPU juga terus melakukan sinkronisasi jumlah DPB dengan data masuk dan data meninggal atau data yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Dalam kesempatan tersebut, Khaerudin menjelaskan, bagi masyarakat yang memiliki anak remaja (baru memasuki usia 17 tahun), untuk segera melakukan perekaman data agar mendapatkan haknya, yaitu memiliki e-KTP sebagai bekal nanti di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Setelah mendata, bisa cek di lindungi hakmu. Jika belum masuk, bisa menghubungi kami, agar bisa dimasukkan ke dalam daftar pemilih," bebernya.

Baca Juga: Terdakwa Invoice Fiktif PLTU Batang Mengaku Dia Tidak Sendirian, Eksepsi Ditolak JPU

Sementara bagi masyarakat baru menjadi penduduk Kota Tegal, juga diminta segera melakukan pelaporan administrasi kependudukan ke Disdukcapil.

Setelah itu, masyarakat dapat menghubungi KPU agar bisa dimasukkan ke dalam DPP, sehingga bisa dicek ke lindungi hakmu mengenai keberadaan atau cek nama tersebut bisa menjadi nama pemilih.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

PPID Kota Tegal Lolos Untuk Ikuti Uji Publik

Rabu, 23 November 2022 | 10:57 WIB

Polres Tegal Kota Terapkan Tilang Via HP

Rabu, 25 Mei 2022 | 22:32 WIB

Dedy Yon Imbau Masyarakat Tetap Memakai Masker

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:46 WIB

Ukur Ulang Lahan di Kawasan Pantai Muarareja

Senin, 7 Februari 2022 | 11:33 WIB

Siap Terima Laporan Penahanan Ijazah Sekolah

Senin, 7 Februari 2022 | 11:00 WIB
X