KPU Kota Pekalongan Sosialisasikan Tahapan Pemilu Serentak 2024

- Rabu, 28 September 2022 | 16:52 WIB
MENYOSIALISASIKAN: Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum dan Pengawasan, Muslim Aisha menjelaskan tahapam Pemilu 2024 di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (28/9).  pantura.suaramerdeka.com/ Isnawati
MENYOSIALISASIKAN: Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum dan Pengawasan, Muslim Aisha menjelaskan tahapam Pemilu 2024 di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (28/9). pantura.suaramerdeka.com/ Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan menyosialisasikan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Sosialisasi berlangsung di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (28/9).

Selain tahapan Pemilu, pada kegiatan tersebut juga disosialisasikan produk hukum terkait pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Yakni Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. Produk hukum lainnya PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD.

Anggota KPU Kota Pekalongan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Muhamad Bilal menjelaskan, tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai sejak 14 Juni lalu.

Berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022, tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai dari  perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu. Selanjutnya pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, selanjutnya penetapan peserta pemilu.

Bilal mengatakan, saat ini masuk tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu yang berlangsung sejak 29 Juli 2022 hingga 13 Desember 2022. Menurutnya, karena ada perbedaan mekanisme pendaftaran calon peserta pemilu, sehingga gaungnya terasa berbeda dibandingkan pemilu sebelumnya.

“Pada pemilu 2024, pendaftaran calon peserta pemilu tersentral di KPU pusat. Sedangkan pemilu sebelumnya, semua berkas pencalonan diproses di KPU kota. Ini akan mempengaruhi pemahaman masyarakat sehingga kami perlu melakukan sosialisasi tahapan pemilu,” paparnya.

Bilal berharap, dengan adanya sosialisasi tersebut, masyarakat akan memahami secara menyeluruh tentang pemilu 2024. Dengan demikian, masyarakat akan lebih siap menghadapi pemilu 2024, termasuk berbagai potensi pelanggaran dalam pemilu.

Sementara itu, dalam paparannya, Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum dan Pengawasan, Muslim Aisha mengatakan, pemungutan suara pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Menurutnya, ada beberapa tantangan dalam pemilu 2024. Di antaranya konfigurasi pencalonan pemilihan presiden (pilpres) berdampak pada pencalonan anggota legislatif dan mgkin juga pemilihan kepala daerah.

Selain itu, kampanye pilpres lebih mengemuka dibandingkan kampanye pemilihan anggota legislatif dan DPD. “Tantangan lainnya, masih adanya hal-hal yang tidak baik dalam pelaksanaan pemilu, seperti money politics, isu sara, politik identitas dan maraknya hoaks,” paparnya.

Halaman:

Editor: Nur Khoerudin

Sumber: suaramerdeka.com

Tags

Terkini

PPID Kota Pekalongan Lolos Uji Publik KIP

Rabu, 23 November 2022 | 22:43 WIB
X