Pendaftaran Ditutup, 123 Orang Daftar sebagai Panwascam di Kota Pekalongan

- Selasa, 27 September 2022 | 22:57 WIB
Ketua Pokja Pendaftaran Panwascam Bawaslu Kota Pekalongan, Bambang Sukoco. (Foto: pantura.suaramerdeka.com/ dok)
Ketua Pokja Pendaftaran Panwascam Bawaslu Kota Pekalongan, Bambang Sukoco. (Foto: pantura.suaramerdeka.com/ dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pekalongan menutup pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dalam rangka Pemilu serentak tahun 2024, Selasa (27/9).

Sejak dibuka pada 21 September, hingga 27 September pukul 17.00, tercatat ada 123 orang mendaftar sebagai Panwascam. Mereka datang langsung ke Kantor Bawaslu Kota Pekalongan maupun mendaftar melalui email.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pendaftaran Panwascam Bawaslu Kota Pekalongan, Bambang Sukoco mengatakan, animo masyarakat Kota Pekalongan untuk mendaftar sebagai Panwascam sangat tinggi. Hal itu terlihat dengan terpenuhinya kuota jumlah pendaftar di masing-masing kecamatan.

“Jumlah kuota dua kali lipat dari kebutuhan maupun keterwakilan perempuan. Kebutuhan Panwascam sebanyak tiga orang. Dua kali lipat kebutuhan, artinya enam orang. Dari jumlah dua kali kebutuhan ini, kami memperhatikan keterwakilan perempuan 30 persen dari pendaftar yang memenuhi syarat,” paparnya.

Menurut Bambang, dari empat kecamatan di Kota Pekalongan, semua sudah terpenuhi dua kali kebutuhan dan keterwakilan perempuan 30 persen. Di Kecamatan Pekalongan Barat, jumlah pendaftar sebanyak 46 orang, 31 laki-laki dan 15 perempuan. Sedangkan pendaftar di Kecamatan Pekalongan Utara tercatat 20 orang, terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan.

Kemudian di Kecamatan Pekalongan Timur ada 26 orang pendaftar, 19 laki-laki dan 7 perempuan. Adapun di Kecamatan Pekalongan Selatan tercatat ada 31 orang pendaftar, 20 laki-laki dan 11 perempuan. “Karena keterwakilan perempuan 30 persen di setiap kecamatan sudah terpenuhi, maka pendaftaran tidak diperpanjang,” tegasnya.

Setelah pendaftaran ditutup, Pokja Pendaftaran Panwascam Bawaslu Kota Pekalongan selanjutnya akan memeriksa berkas-berkas persyaratan administrasi, di antaranya usia dan ijazah. Hasil pemeriksaan berkas administrasi akan diumumkan pada 12 Oktober di Kantor Bawaslu Kota Pekalongan dan media sosial Bawaslu Kota Pekalongan.

Ia berharap, dari hasil pengumuman administrasi nanti, masyarakat Kota Pekalongan bisa memberikan tanggapan dan msukan kepada Bawaslu Kota Pekalongan atau Pokja Pendaftaran Panwascam. Misalnya tentang rekam jejak dan track record calon Panwascam. “Semua masukan dan tanggapan masyarakat akan kami jadikan pertimbangan,” sambungnya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

PPID Kota Pekalongan Lolos Uji Publik KIP

Rabu, 23 November 2022 | 22:43 WIB
X