Hindari Penyalahgunaan Data Penerima BSU, BPJamsostek Imbau Pekerja Gunakan Kanal Resmi

- Minggu, 25 September 2022 | 19:10 WIB
Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJamsostek Oni Marbun
Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJamsostek Oni Marbun

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Para pekerja penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) diimbau tidak mudah memberikan data pribadi kepada pihak manapun sebagai syarat penerima BSU dari pemerintah. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan data.

Kepala BPJamsostek Kantor Cabang Pekalongan Farah Diana mengatakan, bagi pekerja yang ingin mengecek apakah dirinya masuk sebagai calon penerima BSU atau tidak, dapat mengakses kanal resmi BSU. “Yakni bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id,” terang Farah, kemarin.

Dijelaskan Farah, BSU merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah kepada perusahaan yang peduli dan tertib mendaftarkan pekerjanya ke dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Terkait hal itu, Farah mengajak seluruh perusahaan untuk segera mengupdate data karyawannya. “Agar data yang dikirimkan valid. Dan juga, BSU ini adalah hak para pekerja,” sambungnya.

Sementara itu, dalam rilis yang diterima Pantura.suaramerdeka.com, Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJamsostek, Oni Marbun menjelaskan, sampai saat ini pihaknya telah menyerahkan sebanyak 7,5 juta data calon penerima BSU kepada Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Jumlah tersebut terbagi dalam dua tahap. Sebanyak 5.099.915 diserahkan pada tahap pertama dan tahap kedua sejumlah 2.406.915. “Setiap data yang diserahkan kepada Kemenaker akan kembali dilakukan check and skrining ulang serta pemadanan data terhadap bantuan pemerintah yang lain seperti bantuan Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan dan lainnya,” paparnya.

Oni Marbun menambahkan, data yang diserahkan kepada Kemenaker merupakan data pekerja yang sudah dilaporkan melalui kanal resmi BPJamsostek. Data tersebut telah dilakukan verifikasi untuk memastikan validitasnya.

“Untuk mempercepat proses dan ketepatan penyaluran BSU kepada semua pekerja, kami membuka kanal pengumpulan data yang hanya dapat dilakukan oleh pemberi kerja/ HRD/ personalia perusahaan. Yaitu melalui aplikasi resmi Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan atau biasa disebut SIPP,” tambahnya.

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

PPID Kota Pekalongan Lolos Uji Publik KIP

Rabu, 23 November 2022 | 22:43 WIB
X