Kuliah Praktisi, Magister Manajemen Unikal Hadirkan CEO PT Dafam Group

- Minggu, 18 September 2022 | 19:41 WIB
MENYAMPAIKAN: CEO PT Dafam Group Holding Company, Billy Dahlan menyampaikan pandangannya tentang “Pemasaran 5.0 di Era Ekonomi Digital” pada Kuliah Praktisi di Aula Gedung F Unikal, Jumat (16/9) malam. Foto: suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati
MENYAMPAIKAN: CEO PT Dafam Group Holding Company, Billy Dahlan menyampaikan pandangannya tentang “Pemasaran 5.0 di Era Ekonomi Digital” pada Kuliah Praktisi di Aula Gedung F Unikal, Jumat (16/9) malam. Foto: suaramerdeka-pantura.com/ Isnawati

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com - Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Pekalongan (Unikal) menyelenggarakan Kuliah Praktisi “Pemasaran 5.0 di Era Ekonomi Digital di Aula Gedung F Unikal, Jumat (16/9) malam.

Kuliah Praktisi malam itu menghadirkan Chief Executive Officer (CEO) PT Dafam Group Holding Company, Billy Dahlan. Selain diikuti mahasiswa Magister Manajemen Pascasarjana Unikal, Kuliah Praktisi juga diikuti ratusan peserta secara daring.

Rektor unikal Andi Kushermanto mengatakan, Kuliah Praktisi diselenggarakan untuk menjembatani antara dunia teoritis dengan dunia praktis. “Kami melihat ada gap yang luar biasa antara dunia praktis dan teoritis. Kalau hanya kuliah di dalam kelas, maka dunianya bersifat abstrak. Karena itu, untuk menjembatani antara dunia abstrak dengan dunia praktis, maka Magistes Manajemen Unikal mendatangkan praktisi untuk mendekatkan keduanya,” paparnya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, jika dilihat dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), lulusan program studi S2 berbeda dengan lulusan program studi S1. “Kalau S1 masih pada implementasi aplikasi secara prosedural, sedangkan kalau sudah menginjak magister, bicaranya berbeda, yaitu inovasi. Bagaimana mengembangkan, kemudian multidisplin di dalam problem solvingnya,” sambungnya.

Dalam inovasi pendidikan, lanjut dia, membutuhkan praktisi. Apalagi di era 5.0, semuanya membutuhkan inovasi di dalam pemecahan masalah. Terkait hal itu, Unikal merancang metode pembelajaran dengan mendatangkan praktisi untuk perkuliahan Magister Manajemen.

“Magister Manajemen Unikal akan mendatangkan praktisi sebanyak-banyaknya ke Unikal. Karena untuk mendekatkan abstraksi dan realitas, kami perlu menjembatani dengan tokoh-tokoh atau orang-orang sukses untuk sharing keberhasilan mereka dalam pengelolaan perusahana atau realitas di dalam kewirausahaan,” paparnya.

Sementara itu, pada Kuliah Praktisi malam itu, Billy Dahlan berbagi pengalaman serta liku-liku perjalanannya saat merintis perusahaan pada 2010 hingga mendirikan 50 unit bisnis dalam satu dekade terakhir. Selain itu, ia juga menyampaikan pandangannya tentang era ekonomi digital.

Menurutnya, digitalisasi akan berdampak pada peningkatan pengangguran. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi bersama dari sisi pemerintah, akademisi dan perusahaan.

“Dari sisi perusahaan, kami tidak bisa semena-mena semua serba digital yang akan berdampak pada peningkatan pengangguran. Yang bisa dilakukan, kita bisa mengombinasikan teknologi, tapi kita juga memikirkan orang-orangnya,” paparnya.

Halaman:

Editor: Nur Khoerudin

Tags

Terkini

Hendak Berlayar Jadi ABK, Pelaku Penusukan Ditangkap

Jumat, 23 September 2022 | 17:03 WIB

Perhutani Salurkan Bantuan Pinjaman Rp 135 Juta

Jumat, 23 September 2022 | 16:50 WIB
X