Buruh di Brebes Geruduk DPRD, Desak Harga BBM Diturunkan

- Rabu, 7 September 2022 | 05:50 WIB
 (Bayu Setiawan )
(Bayu Setiawan )

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Unjuk rasa menolak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Brebes terus berlanjut. Setelah para mahasiswa berdemonstrasi, kini giliran perwakilan buruh di Kota Bawang menggeruduk gedung DPRD Brebes, di Jalan Gajah Mada, Selasa (6/9/2022).

Mereka berunjukrasa di gedung wakil rakyat untuk mendesak pemerintah menurunkan harga BBM.

Para buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Brebes itu, tiba di Gedung Dewan sekitar pukul 10.00. Selain berorasi, mereka juga membentangkan sejumlah poster berisikan tuntutan. Salah satunya bertuliskan, Negara Butuh Dana, Sambo Solusinya!!.

Baca Juga: Kelengkapan Dokumen Pemekaran Kabupaten Brebes Diserahkan Ke Pemprov Jateng

Tak berselang lama, para perwakilan buruh langsung ditemui Ketua DPRD Brebes, Moh Taufiq dan Wakil Ketua DPRD Brebes Teguh Wahid Turmudi serta anggota DPRD lainnya, untuk beraudiensi. Aksi damai para buruh tersebut juga mendapat pengamanan ketat dari jajaran Polres Brebes.

Ketua SPN Brebes, Sugeng Limanto mengatakan, kedatangan temen-temen buruh di Brebes ke DPRD untuk menyampaikan aspirasi terkait adanya kebijakan pemerintah menaikan harga BBM.

Setidaknya, ada tiga aspirasi tuntutan yang disampaikan ke DPRD. Yakni, mendesak diturunkannya harga BBM, mendesak dibatalkannya UU Omnibus Law Cipta Kerja dan adanya kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2023 diangka 10-14 persen.

Baca Juga: Sebanyak 92 Anak Tidak Sekolah Dapat Beasiswa

"Adanya kenaikan BBM ini, kondisi masyarakat akan semakin terhimpit. Ini karena harga BBM menjadi landasan harga kebutuhan pokok yang akan terus naik. Untuk itu, kami meminta harga BBM diturunkan," tandasnya.

Kenaikan harga BBM itu, kata dia, dinilai tidak tepat. Sebab, diberlakukan kenaikan harga BBM itu disaat harga minyak dunia turun.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Lord Rangga, 'Sang Pemimpin Dunia III' Tutup Usia

Jumat, 9 Desember 2022 | 03:04 WIB
X