Ratusan Warga Binaan Lapas Brebes Divaksin Covid-19

- Kamis, 22 Juli 2021 | 12:14 WIB
VAKSINASI : Seorang warga binaan di Lapas Brebes tengah divaksinasi Covid-19, dengan didampingi langsung Kepala Lapas Brebes, Isnawan, Kamis (22/7/2021). (SM/Bayu Setiawan)  (Bayu Setiawan)
VAKSINASI : Seorang warga binaan di Lapas Brebes tengah divaksinasi Covid-19, dengan didampingi langsung Kepala Lapas Brebes, Isnawan, Kamis (22/7/2021). (SM/Bayu Setiawan) (Bayu Setiawan)

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Sebanyak 186 nara pidana yang menjadi warga binaan di Lapas Kelas IIB Brebes mengikuti program vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Kamis (22/7/2021). Vaksinasi itu dilaksanakan di aula Lapas, atas kerjasama antara Lapas Brebes, Kodim 0713 Brebes dan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan mengatakan, sebagai tindak lanjut dari instruksi Menteri Hukum dan HAM, pihaknya melaksanakan vaksinasi bagi para warga binaan.

Tujuannya, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas dan membentuk Herd Imunity, serta mendukung agar Indonesia bebas Covid-19.

Baca Juga: Bupati Batang Wihaji Serahkan Hewan Kurban Sapi dan Kambing

"Sasarannya ada sebanyak 186 orang warga binaan yang divaksinasi hari ini. Kegiatan ini berkat kerjasama dengan Kodim 0713 Brebes dan Dinas Kesehatan Brebes," ujarnya. 


Menurut dia, total warga binaan yang ada di Lapas Brebes sebenarnya ada sebanyak 267 orang. Namun dari jumlah itu yang bisa divaksin sesuai kepemilikan Nomer Induk Kependudukan (NIK) Brebes hanya 186 orang.

Hal itu karena terkait aturan dari pusat dan data. Kendati demikian, pihaknya berharap, bagi yang tidak memiliki NIK Brebes tetap mendapatkan vaksin.

Baca Juga: 30 Formasi CPNS Pemkot Pekalongan Masih Nol Pelamar

"Terkait kendala ini, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, dan ini sedang diupayakan agar warga binaan yang tidak memiliki NIK Brebes tetap divaksin," terangnya. 

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Rudi Pangarsani Utami mengatakan, terkait kendala tersebut, pihaknya dalam wakti dekat akan mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Jasa Raharja Menjamin Korban Laka Karambol di Bumiayu

Jumat, 13 Agustus 2021 | 18:08 WIB

Milineal Batursari Dilatih Menjadi Barista

Kamis, 29 Juli 2021 | 14:40 WIB
X