PAD dari Dua Pasar Malam Belum Masuk Kas Daerah di Brebes

- Senin, 5 September 2022 | 17:38 WIB
WAHANA HIBURAN : Salah satu wahana hiburan yang tersedia di pasar malam Kompleks Islamic Center Brebes, beberapa waktu lalu. (SM/dok)
WAHANA HIBURAN : Salah satu wahana hiburan yang tersedia di pasar malam Kompleks Islamic Center Brebes, beberapa waktu lalu. (SM/dok)

BREBES, suaramerdeka-pantura.com - Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari dua pasar malam dan pameran pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, hingga pekan pertama September ini belum masuk ke kas daerah. Padahal pelaksanaan tiga kegiatan tersebut sudah selesai pada pekan terakhir Agustus lalu.

Hal itu dibuktikan dengan belum masuknya setoran kas daerah dari retribusi hiburan, sewa penggunaan aset kekayaan daerah (sewa lahan) hingga pajak parkir. Termasuk, dalam rekapitulasi laporan bulanan akumulatif realisasi penerimaan pajak daerah Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Brebes, Senin (5/9/2022).

Kepala Bapenda Kabupaten Brebes, Subandi saat dikonfirmasi menjelaskan, berdasarkan hasil konfirmasi ke Organosasi Perangkat Daerah pengampu pajak daerah PAD pasar malam sudah diterima.

Namun, PAD itu belum disetorkan ke rekening kas daerah, karena beberapa kendala teknis. Yakni, dari Kesra sebagai OPD pengampu sekaligus leading sektor pengelola Kompleks Islamic Centre.

Baca Juga: Pabrik Sarung Gajah Duduk Terancam Pailit, Sejumlah Rekanan Perusahaan Ramai-Ramai Ajukan Gugatan

Kemudian, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebagai pengampu kompleks GOR sudah dikonfrontir.

"Hasil konfirmasi kami ke Bagian Kesra, PAD Pasar Malam di Islamic Centre sebesar totalnya Rp 9,5 juta sudah dibayarkan. Kemudian, untuk sewa penggunaan aset kekayaan daerah di pasar malam Kompleks GOR juga sudah diterima Dindikpora sebesar Rp 15 juta. Tapi, semuanya PAD ini belum masuk ke Kasda," terangnya.

Menurut dia, PAD dari Bagian Kesra Setda Pemkab Brebes rinciannya hanya menjabarkan dua item dari rekapitulasi pasar malam. Yakni, Rp 3 juta untuk retribusi Pameran Pembangunan.

Baca Juga: Aliansi Masyarakat Brebes Demo di Gedung DPRD

Kemudian, Rp 6,5 juta sisanya setoran retribusi dari pelaksanaan Pasar Malam Kompleks Islamic Centre. Sedangkan, laporan Dindikpora terkait PAD Pasar Malam Kompleks GOR Sasana Krida, hanya menerima Rp 15 juta sebagai retribusi sewa penggunakan aset kekayaan daerah atau lahan pasar malam.

Halaman:

Editor: Siwi Nurbiajanti

Tags

Terkini

Lord Rangga, 'Sang Pemimpin Dunia III' Tutup Usia

Jumat, 9 Desember 2022 | 03:04 WIB
X