223 Pekerja Informal Didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan

- Kamis, 1 September 2022 | 17:49 WIB
Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Pekalongan Farah Diana. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Isnawati) (Picasa)
Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Pekalongan Farah Diana. Foto : (suaramerdeka-pantura.com/Isnawati) (Picasa)

PEKALONGAN, suaramerdeka-pantura.com – Sebanyak 223 pekerja informal di Kota Pekalongan telah didaftarkan Pemkot Pekalongan dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek). Mereka merupakan bagian dari 1.000 pekerja informal yang kepesertaannya dalam program Jamsostek dibiayai APBD Kota Pekalongan.

“Pekerja informal sebanyak 223 ini mendapat bantuan dari APBD Kota Pekalongan,” terang Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Pekalongan Farah Diana pada Media Gathering di Kafe Diet Kapan-kapan, Rabu (31/8).

Dijelaskan Farah, Pemkot Pekalongan telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) Bagi Pekerja Informal di Kota Pekalongan. Terbitnya Perwal tersebut sebagai upaya untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat pekerja di Kota Pekalongan.


“Hal ini merupakan bentuk perhatian Pemkot Pekalongan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat Kota Pekalongan. Kemampuan APBD Kota Pekalongan baru 1.000 pekerja,” sambungnya.

Perwal Pekalongan Nomor 19B Tahun 2022 tersebut menjelaskan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kelompok masyarakat pekerja informal yang rentan, Pemkot Pekalongan memberikan jaminan perlindungan sosial dalam bentuk kepesertaan Jamsostek.

Dalam Perwal tersebut disebutkan ada kuota sebanyak 1.000 orang pekerja informal yang akan didaftarkan dalam dua program Jamsostek, yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Terdapat enam jenis pekerjan pekerja informal yang mendapatkan perlindungan Jamsostek melalui APBD Kota Pekalongan.

Hal itu ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Wali Kota Pekalongan Nomor 600/0085 Tahun 2022 tentang Penetapan Jenis Pekerjaan Pekerja Informal dan Kuota Peserta per Kelurahan Program Jamsostek bagi Pekerja Informal Tahun 2022.

Enam jenis pekerjaan tersebut adalah tukang becak, sopir angkut sistem setoran, tukang pijat tuna netra/ penyandang disabilitas, lebe non PNS, pengatur lalu lintas tuna rungu dan penggali kubur. “Saat ini sedang dilakukan verifikasi data per kelurahan untuk seluruh Kota Pekalongan. Yang sesuia kriteria sebanyak 223 orang. Bulan depan ada penambahan,” tambahnya.

Editor: Yanuar Oky Budi Saputra

Tags

Terkini

Imlek, Museum Batik Pamerkan Motif Kelengan

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:02 WIB

Vaksinasi Covid 19 Terus Digalakkan di Kota Batik

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:15 WIB

Penataan Alun-alun Kota Pekalongan Jadi Perhatian

Senin, 23 Januari 2023 | 19:00 WIB
X